Selasa , 21 November 2017, 17:16 WIB

Puan: Persiapan Asian Games Sesuai Harapan

Rep: Debbie Sutrisno/ Red: Ratna Puspita
REPUBLIKA/Debbie Sutrisno
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani (tengah) memberikan keterangan terkait persiapan Asian Games 2018, Selasa (21/11).
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani (tengah) memberikan keterangan terkait persiapan Asian Games 2018, Selasa (21/11).

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Menteri Koordinator Bidang Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani mengatakan seluruh persiapan area untuk penyelenggara Asian Games 2018 sesuai harapan. Pembangunan venue akan mencapai 90 persen pada Desember mendatang. 

Mulai awal tahun sejumlah area pun akan bisa dicoba misalnya untuk bulu tangkis dan sembilan cabang olahraga lainnya. "Tidak hanya venue-nya saja, sarana-prasarana infrastruktur (akan selesai). Opening (pembukaan) dan closing (penutupan) juga akan menjadi hal yang ditunggu-tunggu," kata Puan usai rapat terbatas Istana Negara, Selasa (21/11).

Selain persiapan tempat, pemerintah juga telah memiliki target agar Indonesia bisa masuk 10 besar dalam perhelatan kali ini. Dia mengatakan pemerintah berharap raihan medali emas pada Asian Games kali ini bisa lebih banyak dibandingkan Asian Games di Korea Selatan.

Untuk mencapai target tersebut Komite Nasional Olahraga Indonesia (KONI) bakal melakukan sejumlah pelatihan kepada atlet-atlet yang memang ditargetkan bisa meraih medali emas. Pelatihan ini rencananya akan mulai dilakukan pekan kedua Desember hingga Januari 2018. 

Tak hanya di dalam negeri, pelatihan itu juga bakal diselenggarakan di luar negeri. Dengan demikian, dia berharap atlet Indonesia bisa bersaing dalam pesta ragam olahraga antarnegara di Asia itu. 

"Tadi juga sudah disampaikan, jangan sampai terulang hal-hal yang berkaitan dengan kesejahteraan para atlit, juga semua peralatan yang dibutuhkan atlit, kita berkomitmen semuanya itu bisa selesai pada Januari," ujar Puan.

Untuk anggaran pelatihan, pemerintah akan segera mensosialisasikan akan masing-masing cabang olahraga kembali mengajukan usulan dana. Agar semua persiapan pelatihan atlit selesai semua.

 

 

Berita Terkait