Senin 20 Nov 2017 22:56 WIB

Boling akan Gelar Uji Asian Games pada Januari

Peboling putra Ryan Lalisang melempar bola.
Foto: Antara/Wahyu Putro A
Peboling putra Ryan Lalisang melempar bola.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Pengurus Besar Persatuan Boling Indonesia akan menggelar kejuaraan uji coba Asian Games pada Januari 2018. Ini menyusul penyelesaian arena boling di sekitar olahraga Jakabaring, Palembang, pada Desember 2017.

"Kami masih menunggu penyelesaian arena boling di Palembang karena masih tahap penyelesaian. Setelah arena selesai, kami akan langsung menggelar kejuaraan uji coba," kata Ketua Umum PB PBI Suryo Bambang Sulisto dalam jumpa pers di Jakarta, Senin (20/11).

Mantan Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia periode 2010-2015 itu mengakui PBI terlambat menggelar kejuaraan uji coba yang akan berlangsung pada Januari 2018. "Setelah arena boling selesai, atlet-atlet kami harus mencoba arena karena itu adalah keuntungan Indonesia sebagai tuan rumah," kata Suryo Sulisto.

Namun, PBI belum mengundang negara-negara untuk mengikuti kejuaraan uji coba Asian Games di Palembang. Ini lantaran Federasi Boling Asia masih fokus untuk mengawasi pembangunan arena boling agar sesuai standar kejuaraan internasional.

Pelatih Pelatnas Boling, Gatot Aryo Mandagi, mengatakan telah mengatur jadwal untuk menguji arena bola boling di Jakabaring, Palembang, sebelum para atlet pelatnas mengikuti sejumlah kejuaraan uji coba dan pelatihan di luar negeri jelang Asian Games. "Kami berencana menjalankan program pelatnas di Amerika Serikat pada Februari sampai Maret 2018. Sebelumya pada Januari, kami berharap dapat mencoba arena di Palembang," kata Gatot.

Tim pelatnas PBI juga akan berada di Palembang pada Mei-Juni untuk menyesuaikan arena Asian Games setelah kembali dari Kejuaraan Filipina Terbuka 2018 pada Mei. "Kami akan kembali ke Palembang pada awal Juli 2018 dan fokus untuk persiapan Asian Games setelah mengikuti kejuaraan di Makau dan Hong Kong pada 15 Juni hingga 1 Juli," ujar Gatot.

Pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga menargetkan satu medali emas pada cabang boling Asian Games 2018. "Kami berharap para atlet dapat tampil terbaik. Pemerintah menargetkan satu medali emas mungkin setelah melihat hasil SEA Games 2017," kata Gatot. 

 

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement