Ahad , 19 November 2017, 20:13 WIB

Alex Noerdin Tinjau Venue Dayung dan Jetski

Rep: Maspril Aries/ Red: Citra Listya Rini
Antara/Nova Wahyudi
Gubernur Sumatra Selatan Alex Noerdin.
Gubernur Sumatra Selatan Alex Noerdin.

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG --- Gubernur Sumatra Selatan (Sumsel) Alex Noerdin meninjau komplek Jakabaring Sport City (JSC) yang tengah berpacu menyelesaikan pembangunan dan renovasi berbagai venue pertandingan cabang olahraga (cabor) untuk Asian Games 2018.

Salah satu venue yang didatangi orang nomor satu di Sumsel tersebut adalah danau di JSC yang tengah diperluas dan dibangun tribun serta berbagai fasilitas pendukungnya untuk cabang olahraga dayung. Alex melihat persiapan dan pembangunan di danau Jakabaring yang memiliki panjang lintasan 2.200 meter dengan lebar 150 x 300 meter tersebut dengan menggunakan jetski.

"Danau Jakabaring untuk cabang dayung ini awalnya memiliki panjang 1.000 meter sekarang untuk Asian Games kita perpanjang menjadi 2.200 meter. Juga dibangun tribun penonton dengan kapasitas 2.000 tempat duduk," kata di Palembang, Ahad (19/11).

Kawasan Jakabaring Sport City juga sudah ditetapkan sebagai sebagai kawasan wisata olahraga dan di tengah komplek ini ada danau yang luas dan indah, kini akan menjadi venue dayung dan ski air dengan lintasan terbaik dan tercantik di dunia.

Alex mengingatkan, menjadi tuan rumah Asian Games bukanlah hal yang mudah, Sumatra Selatan sudah memiliki komplek olahraga dengan venue berstandar international dan terintegrasi. Nikmatilah panorama Jakabaring Sport City ini dengan bangga. Mari kita jaga bersama, pesannya.

Pembangunan tribun penonton dan perluasan danau Jakabaring tersebut mendapat pujian dari Koordinator Government Relation Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (Inasgoc)  Raja Parlindungan Pane saat melakukan pengawasan pembangunan venue Asian Games di JSC.

"Progres pembangunan venue dayung yang sudah mencapai 86 persen. Venue dayung di Palembang luar biasa, kita harus bangga memiliki venue dayung dengan danaunya yang luar biasa luasnya. Ini akan menjadi venue dayung terbaik di Asia, mulai dari penyimpanan peralatan dan kenyamanan untuk atlet serta penonton," ujarnya pekan.

Danau yang terletak di tengah komplek JSC yang memiliki luas total 320 ha tersebut pada Sea Games pada 2011 telah digunakan untuk venue pertandingan cabang ski air dan dayung. Kemudian 2012 dan 2013 menjadi tempat Kejuaraan Dunia Wakeboard dan Waterski.

Berita Terkait