Rabu , 15 November 2017, 00:03 WIB
Asian Games 2018

WBM Asian Games 2018 Targetkan Siaran Kualitas Internasional

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Humas INASGOC
Ketua INASGOC, Erick Thohir saat memberikan sambutan dalam acara World Broadcasting Meeting (WBM) Asian Games 2018 di Jakarta, Selasa (14/11).
Ketua INASGOC, Erick Thohir saat memberikan sambutan dalam acara World Broadcasting Meeting (WBM) Asian Games 2018 di Jakarta, Selasa (14/11).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Keinginan untuk menyajikan siaran langsung Asian Games 2018 Jakarta-Palembang dengan kualitas dan standar internasional menjadi tekad kuat Dewan Olimpiade Asia (OCA), Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC), dan juga International Games Broadcast Services (IGBS) sebagai lembaga internasional yang menyediakan layanan siaran langsung pertandingan olahraga.

Oleh karena itu, perhelatan 1st World Broadcasting Meeting (WBM) Asian Games 2018 yang digelar selama dua hari, 14-15 November di Cendrawasih Room, Jakarta Convention Centre, Senayan, Jakarta diharapkan mampu merangkum masukan dan mengakomodasi keinginan para peliput pesta olahraga bangsa Asia tersebut.

Ketua INASGOC, Erick Thohir saat memberikan sambutan menyatakan, perhelatan Asian Games 2018 tak hanya menyajikan persaingan dan pertandingan olahraga semata. Namun lebih jauh juga menggambarkan persahabatan, persatuan, dan keinginan untuk meraih pencapaian yang tinggi sehingga bisa merangkul lebih banyak pecinta dan penggemar olahraga di berbagai belahan dunia. 

"Asian Games hanya satu tingkat di bawah Olimpiade sehingga bukan hanya regional Asia yang akan menyaksikan ajang ini, tapi juga belahan benua lain, seperti Eropa dan Amerika. Oleh karena itu, tayangan dan siaran langsung Asian Games 2018 harus bisa memenuhi kualitas tersebut," ujar Erick di JCC, Selasa (14/11) malam.

Dalam pembukaan itu juga hadir Director General and Technical Director OCA Husain Al Musallam dan CEO IGBS, Francis Tellier. Adapaun dalam acara welcome dinner yang berlangsung malam hari, hadir Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno yang menjanjikan ibukota siap menggelar Asian Games 2018 yang akan berlangsung, 18 Agustus - 2 September mendatang.

WBM jilid pertama itu dihadiri tak kurang dari 60 perwakilan media televisi Asia, seperti KBS dari Korea, PBS (Filipina), CCTV (Cina), SBS (Korea), NHK (Jepang), ELTA (Taiwan), TBS (Jepang), dan Bein Sports. Tak ketinggalan beberapa perwakilan dari Indonesia, antara lain TVRI, RRI, dan Emtek Group.

"Asian Games 2018 merupakan ajang ke-18 yang tanpa henti diselenggarakan OCA sejak tahun 1951 di tengah berbagai kondisi yang memengaruhi perjalanannya. Ini menunjukkan kekuatan olahraga mampu menyatukan berbagai bangsa di Asia. Atas dasar itulah, Asian Games sangat penting bagi bangsa-bangsa di Asia, dan kami yakin Indonesia akan mampu mewujudkan Asian Games yang sukses," ucap Husain Al Musallam, yang memberikan sambutan di pembukaan WBM.

Dalam WBM pertama ini, para perwakilan broadcasters Asia mendapat gambaran komplet tentang persiapan venue pertandingan, jalur transportasi, dukungan teknologi, IGBS, akreditasi, dan juga rencana upacara pembukaan serta penutupan Asian Games 2018.