Selasa , 14 November 2017, 19:14 WIB

Persiapan Asian Games 2018, Jakabaring Dilengkapi CCTV

Red: Ratna Puspita
Republika/Maspril Aries
Para pekerja sedang menyelesaikan renovasi stadion Gelora Sriwijaya di komplek Jakabaring Sport City (JSC), diantaranya dengan pemasangan rumput sintetis tempat pemanasan di depan ruang ganti  yang akan digunakan untuk cabang sepakbola Asian Games XVIII-2018.
Para pekerja sedang menyelesaikan renovasi stadion Gelora Sriwijaya di komplek Jakabaring Sport City (JSC), diantaranya dengan pemasangan rumput sintetis tempat pemanasan di depan ruang ganti yang akan digunakan untuk cabang sepakbola Asian Games XVIII-2018.

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG — Kawasan olahraga Jakabaring Palembang akan dilengkapi kamera pengintai atau closed circuit television (CCTV) untuk memantau keamanan Asian Games 2018.

Kepala Biro Operasional Polda Sumsel Kombes Bambang Suminto saat rapat koordinasi persiapan Asian Games 2018 mengatakan nantinya kawasan olahraga tersebut dipasang ratusan CCTV untuk melihat kondisi kawasan pertandingan tersebut. "Ada sekitar 600 kamera pengintai yang dipasang dan mayoritas berada di kawasan olahraga Jakabaring Palembang," kata dia  di Palembang, Selasa (14/11). 

Dia mengatakan, pemasangan kamera pemantau itu cukup penting untuk melihat perkembangan pengamanan pesta olahraga akbar mendatang. “Apalagi yang bertanding nanti tamu kehormatan bangsa Indonesia sehingga mereka harus selalu aman dan nyaman,” ujar dia.

Menurut dia, selain itu dengan adanya kamera pengawas tersebut dapat dilihat perkembangan terkini di lapangan. Karena itu sebagai aparat keamanan pihak harus memantau perkembangan situasi terkini keberadaan atlet dan peserta pesta olahraga yang diikuti 45 negara mendatang.

Memang, lanjut dia, dalam pengamanan pelaksanaan Asian Games anggota dari Mabes Polri juga akan turun. “Kesemuanya itu dilakukan agar pesta olahraga akbar tersebut berlangsung sukses,” kata dia.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Sumsel Ahkmad Najib mengatakan, daerah ini dan DKI Jakarta akan menjadi tuan rumah penyelenggara Asian Games pada Agustus 2018. “Jadi ribuan peserta akan menghadiri dan mengikuti pesta olahraga internasional mendatang sehingga keamanannya harus terjamin,” katanya.

 

Sumber : Antara