Selasa 31 Oct 2017 19:04 WIB

PASI Pastikan Atlet Andalan Fokus di Satu Nomor Lomba

Pelompat jauh Indonesia Maria Nathalia Londa.
Foto: Republika/ Wihdan Hidayat
Pelompat jauh Indonesia Maria Nathalia Londa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia memastikan atlet-atlet pemusatan pelatihan nasional andalan mereka seperti Maria Londa dan Emilia Nova akan fokus pada satu nomor perlombaan. Ini agar lebih membuka peluang merebut medali dalam kejuaraan internasional.

"Kami berharap para pelatih dapat memberikan fokus terbaik kepada anak asuhnya. Saya harus mengembalikan fokus kepada pelatih apakah Maria Londa akan turun pada nomor lompat jauh saja," kata Wakil Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi PB PASI Mustara di Jakarta, Selasa (31/10).

Pemfokusan nomor perlombaan atlet-atlet atletik nasional itu, menurut Mustara, juga untuk menghindari beban psikologis atlet ketika harus memenuhi target prestasi pada dua nomor perlombaan seperti Maria Londa dan Emilia Nova.

Dia mengatakan Londa memang spesialis lompat jauh tetapi dia juga turun pada lompat jangkit. “Malaysia juga sudah mengetahui itu dan menempatkan perlombaan lompat jangkit lebih awal," kata Mustara tentang hasil medali perak yang diraih Maria Londa pada nomor lompat jangkit dan lompat jauh SEA Games 2017.

Mustara melanjutkan program pelatnas PB PASI masih dalam perpindahan periodesasi latihan selepas SEA Games 2017 menuju Asian Games 2018. "Kami menyiapkan para atlet setelah SEA Games untuk menghadapi Kejuaraan Nasional 2017 pada awal Desember dan kejuaraan uji coba Asian Games pada Februari 2018," kata Mustara.

Selain pemfokusan nomor perlombaan, PB PASI juga terus menyiapkan regenerasi atlet-atlet nomor lapangan seperti lompat jauh putra, lompat tinggi putra, lompat tinggi putri, dan lompat galah putra. 

Dia mencontohkan pelompat jauh Suwandi Wijaya juga punya pesaing di tingkat nasional dalam kejuaraan Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional di Makassar sehingga menambah regenerasi pelatnas. 

“Demikian juga Abdul Hafidz pada nomor lempar lembing dan Rizky Gushafa pada nomor lompat tinggi yang masih mungkin meningkatkan catatan rekor mereka," ujar Mustara.

PASI mengharapkan Stadion Madya Senayan dapat selesai sebelum penyelenggaraan kejuaraan uji coba Asian Games 2018 cabang atletik pada Februari. Cabang atletik menjadi satu dari sembilan cabang olahraga yang akan menggelar kejuaraan uji coba Asian Games pada Februari. Delapan cabang lain adalah angkat besi, bola basket, bola voli indoor, panahan, pencak silat, sepak bola, taekwondo, tinju.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement