Jumat , 20 Oktober 2017, 20:08 WIB

Puan Pastikan Kompleks GBK Sediakan Fasilitas Disabilitas

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Israr Itah
istimewa
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani mengecek langsung beberapa fasilitas Asian Games 2018 di komplek Gelora Bung Karno, Jumat (20/10).
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani mengecek langsung beberapa fasilitas Asian Games 2018 di komplek Gelora Bung Karno, Jumat (20/10).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Kordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani mengaku puas dengan proses perbaikan Kompleks Olahraga Gelora Bung Karno di Senayan, Jakarta, Jumat (20/10). Dia meninjau Stadion Gelora Bung Karno (GBK), lapangan basket, tenis indoor, dan lapangan madya.

Ia mengatakan, proses perbaikan venue olahraga di Kompleks GBK mengadopsi fasilitas khusus bagi para penyandang disabilitas. "Ini agar sesuai dengan tolok ukur internasional," kata dia.

Khusus tennis indoor, Puan memastikan tak cuma dijadikan tempat olahraga. Areal tersebut juga tetap memberikan ruang aktivitas kreasi lain seperti seni dan budaya. 

Pemugaran dan pembangunan GBK dan Komplek Olahraga Senayan sudah berjalan hampir setahun. Kegiatan tersebut sebagai persiapan Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 2018. Selain di Jakarta, pembangunan infrastruktur menuju pesta olahraga terbesar di Benua Asia juga dilakukan di Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel).

Sesmenpora Gatot Dewa Broto yang ikut dalam rombongan Puan mengatakan, perbaikan dan pembangunan harus sesuai target. Estimasi dia, paling molor harus selesai sebelum awal tahun depan. 

Sebab pada Februari 2018, kegiatan olahraga menjelang Asian Games sudah terjadwal. Beberapa test event akan dilakukan pada bulan tersebut.

"Sejauh ini pembangunan masih sesuai dari target. Beberapa ada yang sudah selesai, sisanya dalam proses akhir," kata Gatot. 

Dia menambahkan, beberapa titik yang sudah siap penuh menjadi arena olahraga, yaitu di Lapangan A, B maupun C, yang berada di kawasan pintu barat Kompleks GBK.