Ahad , 08 Desember 2013, 16:44 WIB

Berpakaian ala Raja Jayakarta, Jokowi-Ahok Naik Kereta Kencana

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Nidia Zuraya
  Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dan Wakil Gubernur Basuki Tjahaja Purnama menyapa warga diatas kereta kencana saat mengikuti kirab di Jalan Medan merdeka Barat, Jakarta, Ahad (8/12).  (Republika/Yasin Habibi)
Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dan Wakil Gubernur Basuki Tjahaja Purnama menyapa warga diatas kereta kencana saat mengikuti kirab di Jalan Medan merdeka Barat, Jakarta, Ahad (8/12). (Republika/Yasin Habibi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dan Wakil Gubernur Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) melepas peserta arak-arakan Kirab Budaya Nusantara di Monas, Ahad (8/12). Keduanya hadir dengan berpakaian ala Raja Jayakarta yang didominasi warna merah.

"Dengan mengucap bismillahirrahmaanirrahim, kirab budaya nusantara saya nyatakan dimulai," ujar Jokowi yang didampingi Ahok dan perwakilan dari Kesultanan Singapura, Teungku Muhammad Syawal Ibni Alm Teungku Abdul Azis.

Ketiganya kemudian memukul kentongan sebagai tanda dimulainya kirab, yang merupakan acara pamungkas Pagelaran Agung Keraton Dunia atau World Royal Heritage Festival. Dalam acara peresmian tersebut juga terlihat hadir presiden RI ke-lima, Megawati Soekarno Putri yang mengenakan kebaya dengan dipadu rok batik.

Jokowi dan Ahok kemudian menaiki sebuah kereta kencana yang ditarik oleh dua ekor kuda besar berwarna coklat. Uniknya, Jokowi bertindak sebagai kusir kuda.

Di belakang mereka terdapat 80 kereta kencana lain yang mengangkut para keluarga kerajaan yang menjadi peserta festival. Selain itu, ada juga atraksi seni dari ratusan seniman nusantara. Mereka akan diarak mengelilingi Monas.