Selasa , 07 Oktober 2014, 20:48 WIB

Barcelona Terancam Tidak Bermain di La Liga?

Rep: Muhammad Iqbal / Red: Citra Listya Rini
AP
Barcelona
Barcelona

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID  --  Presiden Katalonia, Artur Mas, beberapa waktu lalu mengungkapkan bahwa referendum pemisahan diri negara bagian Catalunya dari Spanyol akan dihelat 9 November 2014.  

Jika pada akhirnya mayoritas masyarakat Katalonia memutuskan merdeka dari Spanyol, bagaimana nasib Barcelona dan Espanyol, dua klub kebanggaan Katalonia di kancah La Liga? Presiden LFP Asosiasi yang menaungi penyelenggaraan Liga Primera dan Liga Segunda Spanyol Javier Tebas, memiliki jawabannya.  

"Barcelona dan Espanyol tidak akan bermain di Liga Spanyol jika Katalonia memisahkan diri dari Spanyol," kata Tebas seperti dilansir laman Marca, Selasa (7/10) malam.  

Menurut Tebas, terdapat alasan krusial yang menjadi alasan di balik jawabannya tersebut.  UU Olahraga yang berlaku di negeri matador saat ini menyebutkan, hanya satu negara di luar negara-negara bagian Spanyol yang dapat berkompetisi di La Liga atau kompetisi lainnya.   "Dan itu adalah Andorra," kata Tebas.  

Untuk mengubah ketentuan ini, lanjut Tebas, dibutuhkan perubahan yang mutlak dibuat dengan persetujuan parlemen. Selain itu, LFP juga harus melihat apakah pihak yang terkena dampak, setuju atau tidak setuju dengan ketentuan yang dilahirkan.