Jumat , 21 September 2012, 14:29 WIB

Riau Puas di Peringkat Enam PON XVIII

Rep: Erik Purnama Putra/ Red: Hafidz Muftisany
matanews
Gubernur Riau Rusli Zaenal
Gubernur Riau Rusli Zaenal

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU -- Kontingen DKI Jakarta sudah dipastikan menjadi juara umum di Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII 2012. Berdasarkan data resmi, DKI mengumpulkan 107 emas, 100 perak, 110 perunggu alias total 317 medali.

Adapun tuan rumah Riau hanya bisa gigit jari setelah terlempar dari urutan lima besar. Tuan rumah mengoleksi 43 emas, 39 perak, dan 51 perunggu. Peringkat tersebut jauh dari target yang dicanangkan Gubernur Riau, Rusli Zainal yang  menginginkan tuan rumah keluar sebagai juara umum.

Meski selama perjalanan PON target itu direvisi menjadi peringkat tiga besar dan lima besar, namun nyatanya tetap meleset. “Bagi kami, yang penting penyelenggaraan PON Riau sukses itu sudah memenuhi target,” kata Rusli di Pekanbaru, Kamis (21/9) malam. Rusli melanjutkan, tujuan utama PON itu adalah untuk kebersamaan dan menciptakan rasa kekeluargaan atlet dari seluruh penjuru Indonesia.

Jika memang Riau tidak mampu juara, kata dia, hal itu tidak perlu disesali. Setidaknya bisa memberikan kesan mendalam bagi kontingen lain yang bisa meraup sukses di Bumi Lancang Kuning, menurut Rusli, sudah termasuk kehormatan besar.

“Memang dalam pertandingan itu ada menang dan kalah, tapi sportivitas yang perlu dijunjung. Saya pikir capaian Riau udah cukup bagus,” tambah dia.