Senin , 12 October 2015, 15:02 WIB

Imam Masjid Al Aqsa Berceramah di Lampung

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Andi Nur Aminah
sachtimes.com
Tentara Israel ketika menyerbu Masjid Al Aqsa di Yerusalem.
Tentara Israel ketika menyerbu Masjid Al Aqsa di Yerusalem.

REPUBLIKA.CO.ID,

BANDAR LAMPUNG -- Imam dan khatib Masjid Al Aqsa, Palestina, Syeikh Aly Omar Yacoub Al-Abbasy, mengunjungi kota Bandar Lampung, Senin
(12/10). Ia bersilaturahmi dengan para ulama di Lampung dan umat Islam se-Lampung di ruang pertemuan Pusiban, Kantor Pemprov Lampung.

Imam masjid ini memberikan ceramahnya di depan umat Islam dan disiarkan secara online untuk santri dan mahasiswa Pondok Pesantren (Ponpes) Al Fatah, Natar, Lampung Selatan. Di kantor gubernur Lampung, Syeikh Aly disambut Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Arinal Junaidi, dan pimpinan dan pengurus Ponpes Al Fatah.
 
Dalam ceramah yang bertema Alquran Sumber Peradaban yang Rahmatan Lil Alamin, Syeikh Aly mengatakan kehadiran Alquran di muka bumi ini, telah menyelamatkan umat manusia dari zaman jahiliyah menuju zaman terang benderang. "Di dalam Alquran, sudah terkandung berbagai ilmu baik agama maupun ilmu tentang dunia. Sehingga Alquran menjadi acuan semua pihak," katanya.

Menurut dia, banyak negara asing di luar Islam memanfaatkan ilmu yang terkandung di dalam Alquran. Jauh sebelum negara Amerika dan Eropah lainnya, yang maju teknologinya, Islam telah memperkenalkannya terlebih dahulu. "Semua negara mengambil dari Ilmu yang sudah ada di Alquran," ujarnya.

Untuk itu, ia berharap umat Islam terus mengembangkan ilmu Alquran untuk kemaslahatan umat di dunia ini. Dengan mempelajarii Alquran, Syeikh Aly  mengatakan akan membawa rahmat bagi semesta alam.

Syeikh Aly Al-Abbasi pernah mengikuti Konferensi Internasional Pembebasan Al-Quds dan kemerdekaan Palestina di Bandung pada 4 hingga 5 Juli lalu. Setelah berceramah di kantor Gubernur Lampung, ia melaksanakan shalat Dhuhur berjamaah di Masjid Al Amin dan disambut umat Islam di sana.

Sayangnya, saat Syeikh Aly tidak mau berbicara tentang kondisi Masjid Al Aqsa saat ini. Begitu pula  harapannya pada dunia internasional atas intimidasi tentara zionis Israel di Masjid Al Aqsa.