Rabu , 26 May 2010, 14:33 WIB

NBL Jadi Ajang Seleksi Pebasket Timnas Sea Games 2011

Rep: israr/ Red: irf

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Tim manajer basket putra Indonesia proyeksi SEA Games 2011 akan mempertahankan komposisi pemain yang berhasil meraih perak di SEA Games 2007 Thailand. Komposisi tim ini akan ditambah dengan sejumlah pemain baru yang bermain mengesankan di kompetisi National Basketball League (NBL) Indonesia.

NBL Indonesia adalah kompetisi basket tertinggi di tanah air pengganti Indonesian Basketball League (IBL). Kompetisi akan dimulai dengan turnamen pramusim Juli mendatang di Malang dan diakhiri dengan Championship Series di Surabaya awal Maret 2011.

"Kalau selama kompetisi nanti mereka bermain bagus, tentunya mereka akan dipanggil masuk pelatnas. Biar lebih fair," ucap Andiko Ardi Purnomo, asisten manajer timnas basket putra seusai launching NBL Indonesia, Selasa (25/5) malam. Dalam tim manajer yang dibentuk PB Perbasi, Andre Mamuaya menempati posisi penanggung jawab.

Andre menjabat sebagai manajer timnas basket putra SEA Games 2007. Syailendra Bakrie, komisaris klub Pelita Jaya Esia, diminta sebagai manajer. Sedengkan Andiko yang juga menjadi Ketua Umum Pelita Jaya Esia diposisikan sebagai asisten manajer.

Sejauh ini, kata Andiko, tim manajer baru sebatas melakukan beberapa rapat koordinasi dengan PB Perbasi. Rencananya pelatnas akan dimulai setelah NBL musim 2010/2011 selesai. "Kami berpikir pelatnas berjalan tidak efektif dan memakan biaya. Lebih baik kompetisi dijadikan sebagai ajang untuk seleksi sealigus mengasah kemampuan mereka," ucapnya.

Tim manajer belum menentukan pelatih untuk tim ini. Rencananya, pemilihan pelatih juga berdasarkan rapor tim yang mereka poles di kompetisi NBL Indonesia nanti. Fictor Gideon Roring (Satria Muda Britama), Tjetjep Firmansyah (Aspac Jakarta), Rastafari Horongbala (Pelita Jaya Esia) dan Johannis Winar (Garuda Flexi Bandung) menjadi kandidat awal.