Ahad , 24 September 2017, 00:15 WIB

Menpora Bangga Indonesia Juara Umum ASEAN Para Games

Red: Ratna Puspita
ANTARA/Mohammad Ayudha
Kontingen Indonesia pada ASEAN Para Games 2017 ketika pelepasan di Solo, Jawa Tengah, Selasa (12/9).
Kontingen Indonesia pada ASEAN Para Games 2017 ketika pelepasan di Solo, Jawa Tengah, Selasa (12/9).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi mengapresiasi prestasi kontingen Indonesia dalam ajang ASEAN Para Games 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia, 17-23 September. 

"Indonesia berhasil mencapai misi utama dalam ASEAN Para Games 2017 dengan merebut kembali tahta sebagai juara umum. Kemenangan itu seakan menebus kegagalan kita dalam SEA Games lalu," kata Menpora dalam keterangan tertulis Kementerian Pemuda dan Olahraga yang diterima di Jakarta, Sabtu (23/9).

Kontingen Indonesia di ASEAN Para Games kesembilan, 2017, Malaysia, kembali ke Tanah Air dengan membawa total 126 medali emas, 75 perak dan 50 perunggu. Jumlah 126 emas itu juga melampaui target pemerintah yaitu 107 medali emas.

Medali-medali tersebut mengantar Indonesia menjadi juara umum, melangkahi tuan rumah Malaysia yang mengoleksi 90 medali emas, 85 perak dan 83 perunggu.

"Mentalitas sebagai pemenang sesungguhnya telah ada dalam diri atlet-atlet para games kita saat mereka berjuang mengalahkan keterbatasan dan memilih sebagai pahlawan olahraga bagi Tanah Air," kata Menpora.

Menpora juga mengapresiasi Komite Paralimpiade Nasional yang telah membina dan melatih para atlet para games di pusat pelatihan di Solo, Jawa Tengah bersama Kementerian Pemuda dan Olahraga.

"Pemusatan pelatihan atlet-atlet para games di Solo itu memudahkan pengaturan logistik berupa akomodasi dan kebutuhan atlet, sehingga persoalan bisa diatasi," kata Menpora lagi.

Menpora juga berkomitmen untuk memberikan bonus kepada para atlet peraih medali ASEAN Para Games 2017 sebagai bentuk perhatian pemerintah sekaligus amanat Presiden Joko Widodo. "Insya Allah saya akan menyambut para pahlawan olahraga kita itu," kata Menpora yang juga berharap kemenangan ini menjadi modal bagi Indonesia untuk menyambut Asian Para Games 2018 di Jakarta.

 

Tabel perolehan medali ASEAN Para Games 2017. (Sumber: Kualalumpur2017.com.my)

Sumber : Antara