Jumat 15 Sep 2017 22:45 WIB
ASEAN Para Games 2017

Meski tak Ditargetkan, Panahan Incar Satu Emas

Tim panahan Indonesia di ASEAN Para Games 2017.
Foto: Istimewa
Tim panahan Indonesia di ASEAN Para Games 2017.

REPUBLIKA.CO.ID, KUALALUMPUR -- Tim panahan Indonesia tak dibebankan target medali di ASEAN Para Games 2017 Malaysia. Akan tetapi mereka bertekad untuk membawa pulang setidaknya satu medali emas dari Kuala Lumpur.

Manajer tim Rio Suseno mengatakan, peluang medali emas itu terbuka dari nomor Compound maupun Recurve. Sedangkan atlet yang menjadi andalannya antara lain Abdul Hamid, Veronika Nini, Nurhadi dan Toto Wastomi.

"Persiapan tim sudah berjalan selama setahun di Solo. Perkembangan mereka cukup baik," kata Rio dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Jumat (15/9).

Namun yang perlu digarisbawahi bahwa tim yang berkekuatan 10 atlet (enam putra dan empat putri) ini mayoritas pendatang baru. Pemahaman pemain terhadap peralatan dan teknis permainan pun harus diperkenalkan dari nol. Tapi, itu tak mengurangi para pelatih dan ofisial untuk memolesnya.

Dari sisi penilaian hasil latihan, dikatakan Rio sudah cukup baik. Tiap latihan bisa mencapai skor antara 310-340 untuk Compound maupun Recurve. Jika dibandingkan negara kuat seperti Thailand dan Malaysia boleh jadi seimbang. 

Rio juga menuturkan saat ini tinggal mental atlet dan support alat yang akan membawa anak asuhnya ke puncak prestasi. "Saya yakin bila melihat catatan latihan selama ini untuk masuk ke Olimpiade sangat mungkin," kata Rio.

Tapi Rio menyayangkan adanya pengurangan nomor yang dipertandingkan. Pada ASEAN Para Games 2017 kali ini hanya enam nomor yang dimainkan, berkurang tiga nomor dari penyelenggaraan sebelumnya di Singapura pada 2015. Nomor beregu dihilangkan, tinggal perorangan dan campuran. "Tentu ini merugikan karena Compound dan Recurve putra rata kemampuannya sama dalam beregu," tuturnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement