Jumat 15 Sep 2017 01:09 WIB
ASEAN Para Games 2017

Atletik Bidik 36 Emas di Kuala Lumpur

Pelatih atletik Slamet Widodo.
Foto: Istimewa
Pelatih atletik Slamet Widodo.

REPUBLIKA.CO.ID, KUALALUMPUR -- Tim atletik Indonesia menargetkan 36 medali emas dari total 133 emas yang diperebutkan pada ASEAN Para Games 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia, 17-23 September 2017. Hal tersebut diungkapkan oleh pelatih atletik Slamet Widodo. Ia mengklaim Indonesia unggul di nomor-nomor lari, khususnya di tuna daksa.

Slamet juga menuturkan bahwa Indonesia sudah mendominasi nomor lari tuna daksa putra sejak ASEAN Para Games 2011 ketika digelar di Indonesia. Sedangkan pada nomor lari ketunaan lainnya, seperti tuna netra, Slamet mengatakan kekuatan Indonesia, Vietnam dan Thailand cukup berimbang. Malaysia sendiri dianggap mumpuni di lari tuna grahita dan cerebral palsy (CP).

"Khusus di nomor lari CP, Indonesia sudah punya atlet untuk tahun 2017 ini, sehingga di sektor ini kami berharap dapat meraih emas melalui Sapto Yogo Purnomo. Kami berharap ada kejutan darinya," ujar Slamet dalam keterangan pers yang diterima Republika.co.id, Kamis (14/9).

Satu nama lain yang diprediksi mengejutkan adalah Karisma Evi Tiarani, atlet debutan tuna daksa putri berusia 17 tahun yang tampil di nomor lari 100 meter, 200 meter dan lompat jauh. 

Slamet merasa yakin bisa meraih target setelah tim atletik mengadakan persiapan yang cukup lama, yaitu satu tahun dengan program yang terukur.

"Kami menyusun program latihan secara progresif, mulai dari persiapan umum, khusus pra-kompetisi sampai tiba kompetisi. Persiapan kami lumayan lama, selama setahun. Karena itu saya yakin kami bisa lebih baik dari ASEAN Para Games di Singapura tahun 2015 di mana kami meraih total 27 emas," tutur dia.

Indonesia diperkuat 196 atlet di ASEAN Para Games IX 2017. Mereka akan turun pada 11 cabang olahraga dari 16 yang dipertandingkan. Ke-11 cabang olahraga itu adalah catur, goalball, atletik, angkat berat, bulu tangkis, sepak bola cerebral palsy (CP), panahan, tenis meja, renang, boling, paracycling track dan pracycling road race. Kontingen Indonesia ditargetkan meraih 107 medali emas di pesta olahraga se-Asia Tenggara untuk penyandang disabilitas ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement