Rabu , 13 September 2017, 22:02 WIB

Inasgoc Nilai Venue di Palembang Siap untuk Asian Games 2018

Rep: Maspril Aries/ Red: Andri Saubani
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Sekjen Inasgoc Eris Herryanto (kanan) didampingi Deputy I bidang Operasional Games INASGOC Raja Parlindungan Pane (kedua kiri) beserta anggota berbincang dengan pihak kontraktor saat meninjau pembangunan Rusunawa Wisma Atlet di Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, Sumatera Selatan, Rabu (13/9).
Sekjen Inasgoc Eris Herryanto (kanan) didampingi Deputy I bidang Operasional Games INASGOC Raja Parlindungan Pane (kedua kiri) beserta anggota berbincang dengan pihak kontraktor saat meninjau pembangunan Rusunawa Wisma Atlet di Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, Sumatera Selatan, Rabu (13/9).

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Tim Panitia penyelenggara Asian Games Indonesia Asian Games Organizing Committee (Inasgoc), Rabu (13/9) kembali melakukan peninjauan ke Palembang. Mereka meninjau langsung perkembangan renovasi sejumlah venue olahraga untuk penyelenggaraan Asian Games XVIII di kompleks Jakabaring Sport City (JSC).

Kedatangan tim ke Palembang dipimpin Sekretaris Inasgoc Eris Hariyanto. Selain melakukan peninjauan, tim juga menyelenggarakan rapat koordinasi. “Kedatangan kami kali ini fokus untuk melihat 10 venue pertandingan di Palembang. Perkembangannya sangat positif. Kami menghimpun informasi apakah ada masalah dan kepastian kesiapan venue tersebut,” katanya.

Setelah melakukan kunjungan ke venue di Kompleks JSC, menurut Eris Hariyanto, tim Inasgoc yakin, seluruh venue di Jakabaring Sport City saat ini tidak memiliki kendala berarti. “Perkembangannya bagus sekali dan tidak ada masalah. Sebelumnya, kami sempat khawatir soal venue boling. Tetapi saat melihat pembangunannya sangat baik dan akan selesai tepat waktu,” ujarnya.

Menurut Eris Hariyanto, selanjutnya seluruh venue di Palembang akan dicoba terlebih dulu melalui test event akhir tahun ini. “Kami mendapat laporan, untuk venue bola voli pantai dan tenis yang akan menggelar test event pada November nanti,” katanya.

Dari kunjungan ke lokasi venue,  tim menemukan renovasi di venue bola voli pantai sudah mencapai 83 persen dan tinggal menunggu tambahan pasir dari Pulau Belitung. Pihak kontraktor melaporkan, pengiriman pasir sebanyak 2.300 meter persegi saat ini sedang dalam pelayaran dan akan tiba di Palembang pada 2-3 hari ke depan. Untuk venue tenis, renovasi terus berjalan dengan penambahan empat lapangan yang akan dipergunakan sebagai tempat pemanasan atlet.

Sekretaris Inasgoc menjelaskan, khusus pembangunan wisma atlet baru di kawasan JSC ada sedikit yang perlu mendapat perhatian, sesuai jadwal memang akan selesai pada Maret 2018. “Jadwal itu untuk bangunannya, tapi juga harus dipikirkan sarana penunjangnya dan harus benar-benar dipastikan akan bisa digunakan tepat waktu,” ujar Eris Hariyanto.

Dalam kunjungan tersebut, tim Inasgoc memberikan apresiasi kepada Gubernur Sumatra Selatan Alex Noerdin yang  empunyai komitmen tinggi terhadap persiapan menghadapi Asian Games 2018. “Gubernur Sumatra Selatan beserta jajaran sangat besar perhatiannya, kami mengucapkan terima kasih karena sejauh ini persiapan Asian Games 2018 di Palembang tidak menemui hambatan yang berarti,” kata Eris Hariyanto.