Senin , 11 September 2017, 20:26 WIB

Indonesia Kirimkan 140 Atlet ke AIMAG

Red: Israr Itah
Humas Kemenpora
Ketua Umum KOI Erick Thohir (kiri) mendampingi Menpora Imam Nahrawi melepas kontingen Indonesia ke AIMAG 2017 di Tukrmenistan, Senin (11/9).
Ketua Umum KOI Erick Thohir (kiri) mendampingi Menpora Imam Nahrawi melepas kontingen Indonesia ke AIMAG 2017 di Tukrmenistan, Senin (11/9).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARAT -- Indonesia akan mengirimkan 140 atlet pada Asian Indoor and Martial Art Games (AIMAG) 2017 di Turkmenistan, 17-27 September 2017. Kontingen Indonesia secara resmi dilepas oleh Menpora Imam Nahrawi di Wisma Kemenpora, Jakarta, Senin (11/9).

Imam berharap atlet Indonesia yang dikirim mampu memberikan hasil terbaik mengingat kejuaraan ini juga menjadi sasaran antara sebelum turun di Asian Games 2018.

"AIMAG juga merupakan agenda resmi dari OCA (Dewan Olimpiade Asia). Untuk itu kami berharap pada atlet yang dikirim bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk meraih hasil yang terbaik," kata Menpora di sela pelepasan kontingen AIMAG.

Pada pelepasan kontingen juga hadir Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Erick Thohir, perwakilan Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima) serta komandan kontingen Indonesia (CdM) AIMAG Andhika Monoarfa.

Indonesia pada kejuaraan yang cukup bergengsi akan turun di 13 dari 21 cabang olahraga yang dipertandingkan di antaranya tenis, catur, taekwondo, balap sepeda, angkat besi, basket 3X3, gulat, boling hingga kurash dan sambo.

AIMAG bisa dikatakan kejuaraan resmi setelah Indonesia turun di SEA Games 2017 Malaysia. Saat itu Indonesia bisa dikatakan terpuruk karena hanya mampu mengemas 38 dari 55 emas yang ditargetkan dan hanya puas di posisi lima klasemen umum kejuaraan dua tahunan ini.

Untuk itu, Menpora Imam Nahrawi benar-benar berpesan kepada atlet yang dikirim benar-benar mencurahkan kemampuannya demi hasil terbaik. Apalagi, hasil AIMAG juga akan dijadikan salah satu tolok ukur persiapan atlet untuk menghadapi Asian Games 2018 Jakarta-Palembang.

Harapan meraih hasil terbaik juga disampaikan oleh Ketua KOI Erick Thohir. Menurut dia, AIMAG merupakan salah satu tahapan untuk menuju Asian Games 2018 yang pelaksanaannya kurang dari satu tahun. Untuk itu semuanya harus dimaksimalkan.

"AIMAG sangat bagus untuk atlet untuk mendapatkan pengalaman terbaik. Tentu dengan banyak melakukan ujicoba dan banyaknya pengalaman bertanding akan berdampak positif pada atlet," katanya.

Sementara itu CdM AIMAG Andhika Monoarfa mengaku akan mendukung penuh upaya pencapaian hasil terbaik bagi kontingen Indonesia. Komunikasi dengan semua cabang olahraga yang diberangkatkan terus terjalin. Harapannya, prestasi tertinggi mampu diraih kontingen Indonesia.


Sumber : Antara