Kamis 31 Aug 2017 14:12 WIB

Indonesia Gagal pada SEA Games 2017, Ini Alasan Menpora

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Menpora Imam Nahrawi
Foto: AP Photo/Daniel Chan
Menpora Imam Nahrawi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hasil mengecewakan diraih kontingen Indonesia pada pada SEA Games 2017. Pada ajang pesta olahraga Asia Tenggara yang baru berakhir, Rabu (30/8), Indonesia yang berkekuatan 533 atlet akhirnya hanya membawa pulang 38 emas, 63 perak dan 90 perunggu. Ini meleset jauh dari target yang ditetapkan, yakni 55 emas.

Tidak hanya jauh dari tuan rumah Malaysia yang keluar sebagai juara umum dengan raihan 145 emas, 92 perak, dan 86 perunggu, kita berada di bawah Thailand (72, 86, 88), Vietnam (58,50,60) dan Singapura (57,58, 73). 

Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi menyatakan dirinya akan bertanggung jawab penuh atas kegagalan ini. "Saya akan mempertanggungjawabkan kegagalan ini kepada Presiden Republik Indonesia selaku atasan saya," kata Menpora di hadapan para wartawan di Kemenpora, Kamis (31/8).

Selain bertanggung jawab, ia menyatakan akan melakukan evaluasi secara menyeluruh. Agar hasil SEA Games yang terburuk sepanjang sejarah ini tidak terjadi saat Asian Games 2018 nanti. Indonesia menargetkan masuk 10 besar pada Asian Games 2018.

"Sejumah apologi bagi sebagian orang itu hanya sekadar apologi. Tetapi penting saya sampaikan penyebab kegagalan, yakni SEA Games beda sama sekali dengan Asian Games dari sisi regulasi dan standar pelaksanaannya," kata Imam.

Menpora melanjutkan, pada tahap internal penyiapan atlet, kata dia, juga berbeda. Ia mencontohkan bulu tangkis yang mengirimkan atlet junior.

Kemudian sejumlah cabang olahraga unggulan tidak dimainkan pada SEA Games 2017, di antaranya dayung. Selain itu, Indonesia banyak kehilangan dari nomor-nomor pertandingan yang memungkinkan keputusan wasit berperan secara subyektif seperti senam, silat, karate, dan taekwondo. "Atlet Indonesia banyak yang tidak dapat medali dari sana," ujar Menpora.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement