Sabtu 19 Aug 2017 19:29 WIB

KTP Elektronik Syarat Jadi Volunteer Asian Games 2018

Rep: Fitriyanto/ Red: Ratna Puspita
Suasana Monas sesaat setelah Presiden Jokowi memulai countdown (hitung mundur) Asian Games 2018 di Jakarta, Jumat (18/8) malam.
Foto: REPUBLIKA/Fitriyanto
Suasana Monas sesaat setelah Presiden Jokowi memulai countdown (hitung mundur) Asian Games 2018 di Jakarta, Jumat (18/8) malam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA —  Bagi Anda atau kerabat yang berminat menjadi volunteer Asian Games 2018 pastikan Anda telah memiliki Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el). Anda yang berminat menjadi volunteer atau sukarelawan sudah bisa mendaftar secara manual dengan langsung datang ke stan Inasgoc di pameran olahraga dan kesehatan internasional Asian Games GOIFEX di Jakarta Convention Center, pada 19-20 Agustus 2017. 

Terlibat Asian Games memang bisa menjadi kebanggaan tersendiri. Sebab, ajang multi cabang olahraga terbesar di Benua Asia ini belum tentu singgah lagi di Tanah Air dalam 50 tahun ke depan. Untuk menjadi bagian dalam sejarah ini, banyak yang dapat dilakukan, di antaranya menjadi volunteer

Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (Inasgoc) membutuhkan sekitar 20 ribu tenaga volunteer untuk membantu perhelatan tahun depan. Petugas stand penerimaan volunteer di Asian Games GOIFEX Expo 2017 menjelaskan salah satu syaratnya adalah memiliki KTP Elektronik. “Jadi jika belum memiliki KTP-Elektronik masih ada waktu untuk mengurusnya,” kata dia. 

Selain KTP Elektronik, dia mengatakan pendaftar sukarelawan juga memerlukan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK). “Serta surat keterangan dari kampus jika calon volunteer tersebut masih kuliah. Volunteer nanti bisa memilih kota yang diinginkan, yakni Jakarta atau Palembang,” kata penjaga stand itu. 

Kemampuan bahasa Inggris dan bahasa asing lainnya bahasa negara-negara Asia juga menjadi syarat mutlak untuk dapat menjadi volunteer Asian Games 2018. Volunteer akan dibutuhkan untuk membantu cabang olahraga, menjadi pendamping kontingen peserta, maupun pendamping tamu-tamu undangan negara peserta. 

Sistem pendaftaran manual di Asian Games GOIFEX Expo 2017 ini sembari menunggu pendaftaran sukarelawan melalui online. Pendaftaran sukarelawan atau volunteer Asian Games 2018 melalui daring (online) mulai dibuka awal September 2017 atau sekitar dua minggu dari hari ini, Sabtu (19/8)

Usai memasukan berkas pendaftaran yang menyertakan kartu tanda pengenal resmi seperti KTP maupun kartu pelajar, para pelamar tinggal menunggu panggilan dari pihak Inasgoc. Selanjutnya, Inasgoc akan memasukkan nama-nama yang sudah mendaftar manual ke sistem daring atau online yang dibuka dua minggu lagi. Setelah itu, Inasgoc akan memanggil calon sukarelawan untuk mengikuti tahapan seleksi selanjutnya. 

Selain dalam negeri, Inasgoc juga akan membuka kesempatan warga asing untuk terlibat sebagai sukarelawan. 

Asian Games 2018 akan digelar di Jakarta-Palembang, Indonesia, mulai pertengahan Agustus 2018. Hitung mundur atau countdown setahun pelaksanaan pesta olahraga multicabang Benua Asia itu sudah dimulai Jumat (18/8).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement