Rabu , 16 August 2017, 04:30 WIB

Mau Jadi Volunteer Asian Games? Yuk, ke JCC Akhir Pekan Ini

Rep: Fitriyanto/ Red: Ratna Puspita
Republika/Prayogi
 Kendaraan melintas disamping layar digital hitung mundur pelaksanaan Asian Games 2018 di Kawasan Bundaran HI, Jakarta, Senin (14/8).
Kendaraan melintas disamping layar digital hitung mundur pelaksanaan Asian Games 2018 di Kawasan Bundaran HI, Jakarta, Senin (14/8).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Asian Games 2018 yang akan digelar 18 Agustus 2018 membutuhkan Volunteer yang tidak sedikit. Sekitar 20 ribu volunteer atau sukarelawan akan dilibatkan demi menyukseskan ajang multievent terbesar di Benua Asia ini.

Rencananya, Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (Inasgoc) akan merekrut sukarelawan secara online pada awal September ini. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai volunteer, terutama tugas dan syaratnya, Inasgoc akan menggelar Sport Expo di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, pada akhir pekan ini, atau 18-20 Agustus.

Deputi II Inasgoc Francis Wanandi kepada wartawan, Selasa (15/8), menjelaskan volunteer yang dibutuhkan untuk kegiatan Asian Games di luar acara pembukaan dan penutupan sebanyak 20 ribu volunteer.

“Bagi masyarakat yang berminat menjadi volunteer, untuk mengetahui lebih detail secara langsung bisa mendatangi acara sport Expo yang akan digelar bersamaan dengan countdown Asian Games 2018. Sport Expo nanti akan dibuka Wakil Presiden Jusuf Kalla,” kata Francis. 

Francis mengatakan, Sport Expo juga nantinya menjadi ajang sosialisasi cabang olahraga yang digelar pada Asian Games 2018. "Sosialisasi ini agar masyarakat mengetahui cabang olahraga yang akan dipertandingkan nanti, karena banyak cabang olahraga yang masih asing bagi masyarakat,” kata dia. 

Inasgoc berencana menggelar countdown atau hitung mundur Asian Games di dua lokasi pada Jumat (18/8). Di Jakarta akan terpusat di Monumen Nasional (Monas). Sedangkan Benteng Kuto Besak yang berada di tepi Sungai Musi akan menjadi sentral pesta hitung mundur di Palembang Sumatra Selatan. 

Hitung mundur bertema Energy of Asia ini akan memulai kampanye dan sosialisasi Asian Games kepada masyarakat baik di Indonesia maupun Asia. Presiden Joko Widodo direncanakan menghadiri acara ini. 

Presiden akan menginisiasi upacara countdown dengan melepaskan anak panah ke target berupa Light Emitting Diode (LED) yangvakan menghidupkan semua cahaya dan multimedia. "Sudah ada dua clock untuk countdown," kata Ketua Inasgoc Erick Thohir

Dua jam digital untuk hitung mundur Asian Games berada di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta, dan Stadion Gelora Sriwijaya, Jakarta, Palembang. "Kedua lokasi itu ikonik di kedua kota," kata Erick. 

Acara count down ini juga akan dimeriahkan Raisa, Nidji, Tulus, dan dua artis internasional yakni Hyoyeon dan Taeyeon yang merupakan personel girlband asal Korea Selatan. Artis mancangeara lainnya yakni Far East Movement yang merupakan grup hip hop dan elektronik asal Amerika Serikat. 

Indonesia menjadi tuan rumah pesta olahraga antarnegara Asia tahun depan. Asian Games akan berlangsung pada 18 Agustus-2 September 2018. Setidaknya 13 ribu atlet dan ofisial akan berada di Jakarta dan Palembang, dua kota penyelanggara, selama pesta olahraga antarnegara di Asia itu.