Rabu , 16 August 2017, 05:00 WIB

Meski Biaya Dipangkas, Acara Countdown Tetap Meriah

Rep: Fitriyanto/ Red: Ratna Puspita
Republika/ Yasin Habibi
 Ketua Panitia Pelaksana INASGOC Erick Thohir (tengah), Penanggung Jawab Event Wishnutama (kiri), dan Deputi II INASGOC Francis Wanadi menggelar konferensi pers seremoni countdown (hitung mundur) Asian Games 2018, Jakarta, Selasa (15/8).
Ketua Panitia Pelaksana INASGOC Erick Thohir (tengah), Penanggung Jawab Event Wishnutama (kiri), dan Deputi II INASGOC Francis Wanadi menggelar konferensi pers seremoni countdown (hitung mundur) Asian Games 2018, Jakarta, Selasa (15/8).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Meski Biaya Dipangkas, Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (Inasgoc) menjanjikan acara countdown atau hitung mundur Asian Games 2018 tetap akan berlangsung meriah. Countdown digelar di dua lokasi di Monas, Jakarta Pusat, dan Benteng Kuto Besak Palembang, Sumatra Selatan, Jumat (18/8). 

"Semula dana untuk menggelar acara countdown Asian Games 2018 di dua kota sekitar Rp 30 miliar tetapi karena kita harus efisien makan dananya dipangkas jadi Rp 15 miliar. Namun, saya pastikan acara ini akan tetap meriah,” kata Ketua Inasgoc Erick Thohir di Jakarta, Selasa (15/8).

Direktur Departemen Seremonial Inasgoc Wishnutama menjelaskan acara ini bisa tetap meriah meski biayanya dipangkas. Sebab, Inasgoc banyak mendapat bantuan dari berbagai pihak, terutama dari Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Kementerian Pariwisata Republik Indonesia. "Artis yang mengisi acara baik dalam dan luar negeri semua ditanggung oleh Bekraf. Ini sangat membantu ditengah keterbatasan dana yang ada,” kata dia. 

Acara countdown Asian Games 2018 di Monas nanti ditargetkan sebanyak 200 ribu pengunjung memadati lapangan Monas. "Acara ini gratis. Semoga masyarakat akan terhibur dengan acara ini, karena selain pesta olahraga, Asian Games 2018 juga harus menjadi pesta bagi rakyat Indonesia,” kata dia. 

Inasgoc memastikan dua personel Girls Generation atau dikenal juga dengan SNSD (singkatan dari Sonyeo Sidae), Taeyeon dan Hyoyeon, akan tampil pada acara countdown tersebut. “Tidak ada tiket pada acara countdown ini alias gratis. Ini adalah pesta olahraga untuk masyarakat," kata Erick. 

Wishutama mengatakan prosesi hitung muncur di dua lokasi itu akan terdiri dari dua segmen, yakni seremonial dan hiburan. Segmen seremonial yang dimulai pukul 19.00 WIB akan menampilkan Presiden Joko Widodo memulai hitung mundur dengan melepaskan anak panah.

Ada juga tarian kolosal dengan judul Ruwat Bumi yang merupakan karya koreografer Indonesia Eko Supriyanto yang kerap berkiprah di panggung internasional. "Acara ini akan ditayangkan di semua stasiun televisi," kata Wishnu.

Segmen berikutnya mulai pukul 19.30 WIB yakni hiburan yang akan menampilkan Far East Movement, Taeyeon dan Hyoyeon dari SNSD, Raisa, Nidji, Tulus, dan sejumlah artis lain. Sebagian akan tampil di Monas, sebagian lain di Palembang.

Acara hiburan ini disiarkan langsung di lima stasiun televisi yakni Kompas TV, Metro TV, TVOne, MNC, dan Net. 

Indonesia menjadi tuan rumah pesta olahraga antarnegara Asia tahun depan. Asian Games akan berlangsung pada 18 Agustus-2 September 2018.