Selasa , 08 August 2017, 21:16 WIB

'Pembangunan Infrastruktur Asian Games 2018 Sesuai Rencana'

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Andri Saubani
Republika/ Wihdan Hidayat
Pekerja mengerjakan pembangunan infrastruktur dan rehabilitasi Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Selasa (8/8).
Pekerja mengerjakan pembangunan infrastruktur dan rehabilitasi Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Selasa (8/8).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan infrastruktur untuk Asian Games 2018 berjalan sesuai dengan rencana. Saat ini renovasi Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) sudah mencapai 80 persen dan ditargetkan selesai pada pertengahan September 2017.

Menurut Basuki, saat ini Stadion GBK sedang proses untuk pengaturan kursi. "Kemudian saya juga lihat untuk aquatic sudah 75 persen, jadi nanti akan segera selesai November 2017, kawasan juga saya sempat lihat memakai beton porus supaya jogging treknya pakai beton, jadi semua untuk yang di GBK bisa selesai sesuai rencana," ujar Basuki ketika ditemui di Kantor Wakil Presiden, Selasa (8/8).

Sementara itu, kemajuan pembangunan wisma atlet sudah berjalan 95 persen dan ditargetkan selesai pada Agustus 2017. Wisma atlet tersebut terdiri dari bangunan dengan 18 lantai, 24 lantai, dan 32 lantai.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga turut andil dalam pembangunan infrastruktur Asian Games 2018, khususnya velodrom balap sepeda dan arena pacuan kuda. Basuki mengatakan, berdasarkan laporan dari Satgas Infrastruktur, pembangunan velodrom balap sepeda dan arena pacuan kuda juga masih sesuai dengan jadwal.

Sebelumnya, Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla mengatakan, sarana dan prasarana untuk Asian Games 2018 berjalan sesuai dengan jadwal. Pemerintah menargetkan, pembangunan sarana dan prasarana tersebut akan selesai pada akhir 2017. "Sesuai schedule yang sebagian besar sarana akan selesai di akhir tahun ini beberapa nanti awal tahun. Jadi semua sesuai schedule," ujar Jusuf Kalla usai rapat pleno dengan INASGOC di Jakarta, Selasa (18/7) lalu.