Ahad , 16 July 2017, 19:59 WIB

Atlet Indonesia Pecahkan Rekor ASEAN Schools Games

Red: Andri Saubani
Republika/Edwin dwi Putranto
Lompat galah (ilustrasi)
Lompat galah (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SINGAPURA -- Atlet Indonesia, Idan Fauzan Richsan berhasil memecahkan rekor ASEAN Schools Games (ASG) sekaligus meraih medali emas nomor lompat tinggi galah putra setelah mencatatkan lompatan setinggi 5,0 meter dalam kompetisi atletik ASG 2017, Stadion Bishan, Singapura, Ahad (16/7). Lompatan Idan melampaui rekor sebelumnya yang dipegang atlet Thailand Kontawat Thathiraparp sejak tahun 2013 dengan 4,65 meter.

Selain itu, Idan juga memecahkan rekor nasional remaja untuk lompat galah dari sebelumnya 4,80 meter. Emas dari Idan Fauzan menjadi emas pertama atletik Indonesia di ASG 2017 dalam dua hari pelaksanaan pertandingan atletik ASG kesembilan tersebut.

Selain emas, pada Ahad (16/7), atletik juga mendapatkan medali perak melalui Ifan Anugrah Setiawan di nomor lari 400 meter putra dan satu perunggu dari Novi Nur Nirwani di nomor lari 1.500 meter putri. Dengan demikian, jika digabung dengan perolehan hari pertama, Sabtu (15/7), cabang olahraga atletik sudah menyumbang satu emas, empat perak dan lima perunggu untuk kontingen Indonesia.

Jumlah ini belum memenuhi target yang ditetapkan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) untuk atletik yaitu 10 emas. Sementara, catatan cukup baik juga ditorehkan Ifan Anugrah Setiawan. Meski hanya meraih perak, catatan larinya 47,55 detik di 400 meter putra bisa melampaui rekor ASG sebelumnya yaitu 47,87 detik. Cabang olahraga atletik masih bisa menambah pundi-pundi medali karena masih akan dipertandingkan sampai Selasa (18/7).

Sumber : Antara