Jumat 14 Jul 2017 14:32 WIB

Pemerintah Kaji Target Perolehan Medali Emas SEA Games 2017

Menko PMK Puan Maharani (kedua kiri).
Foto: Antara/R. Rekotomo
Menko PMK Puan Maharani (kedua kiri).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah mengkaji ulang target perolehan medali pekan olahraga negara Asia Tenggara (SEA Games) 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia. Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani mengatakan secara umum target Indonesia di ajang pekan olahraga dua tahunan itu melebihi 47 medali emas SEA Games 2015 di Singapura.

Kendati begitu, dalam rapat koordinasi persiapan SEA Games 2017 di Kantor Kemenko PMK si Jakarta, Jumat (14/7), dia tidak secara spesifik menjelaskan mengenai angka pasti medali yang harus diraih kontingen Indonesia. Puan mengatakan rincian target pasti jumlah medali dibahas lebih lanjut oleh Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima).

Senada, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi belum bisa merinci mengenai target jumlah medali emas yang harus direbut. Pihaknya akan membahas secepatnya mengenai jumlah medali yang ditargetkan untuk mampu disabet kontingen Indonesia. Begitu juga, dia melanjutkan, pembahasan sedang dalam proses mengenai cabang olahraga andalan Indonesia untuk meraih medali seiring adanya kewenangan tuan rumah dalam mempertandingkan nomor cabang olahraga yang dipertandingkan di SEA Games 2017.

Imam mengatakan pemerintah juga akan membahas lebih lanjut mengenai program bonus bagi atlet berprestasi di ajang kompetisi olahraga multicabang terbesar di Asia Tenggara tersebut. Dia menyebutkan beberapa perihal yang dibahas seperti bentuk bonus yang akan diberikan kepada atlet peraih medali baik itu bonus uang tunai, jaminan kesehatan dan lainnya, termasuk jaminan pengangkatan olahragawan SEA Games menjadi pegawai pemerintah untuk menjadi aparatur sipil negara.

"Instruksi Ibu Puan adalah bonus tidak harus berupa uang tunai, tetapi bisa fasilitas setara dengan nilai tertentu," kata dia.

Menpora berharap ajang SEA Games di Malaysia dapat menjadi arena pemanasan jelang Asian Games 2018 di Palembang dan Jakarta. Ajang olahraga di benua Asia itu harus menjadi perhatian khusus juga karena Indonesia merupakan tuan rumah sehingga harus memiliki prestasi yang cemerlang.

Indonesia tidak menargetkan juara pada SEA Games 2017. Namun, Ketua Satlak Prima Achmad Soetjipto pernah menyebutkan menargetkan 61 medali emas pada SEA Games di Kuala Lumpur, Malaysia, Agustus mendatang.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement