Senin 29 May 2017 15:04 WIB

Menpupera: Renovasi Venue Asian Games Sudah 40,3 Persen

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Israr Itah
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menpupera) Basuki Hadimuljono memaparkan perkembangan renovasi Gelora Bung Karno (GBK) menyambut Asian Games 2018. Ia mengatakan, secara umum pengerjaan arena sudah mencapai sekitar 40,3 persen.

Ada dua venue yang akan selesai pada Juni 2017 ini yakni lapangan hoki dan lapangan latihan sepak bola ABC. Kemudian, lapangan tenis indoor dan outdoor akan selesai pada 10 Juni 2017. Sedangkan, untuk Stadion Utama GBK perkembangannya sudah mencapai 86 persen dan diperkirakan akan selesai pada Okober 2017.

Selain itu, pembangunan stadion madya basket, sofbol, dan bisbol akan selesai pada Desember 2017. Kemudian kawasan kampung atlet juga akan rampung pada akhir Desember 2017. 

"Secara umum akan selesai sekitar Oktober-Desember 2017, Insya Allah dapat selesai semua," ujar Basuki di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Senin (29/5). 

Untuk venue dayung dan Jakabaring Sport Center akan diperpanjang dari 1.200 meter menjadi 2.200 meter dan diperkirakan selesai pada Desember 2017. Basuki mengatakan, saat ini perkembangan pembangunannya sudah 25 persen. Kemudian, arena menembak sudah mencapai 36 persen. 

Wakil Presiden RI Jusuf Kalla selaku Ketua Tim Pengarah Asian Games 2018 menggelar rapat dengan Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (Inasgoc), Kementerian Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan, Kementerian Pemuda dan Olahraga, serta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Dalam rapat tersebut, Basuki mengatakan, Jusuf Kalla memberikan perhatian khusus terhadap kesiapan prestasi. Pada pekan ini, rencananya Jusuf Kalla akan menggelar rapat khusus untuk persiapan peningkatan prestasi. 

"Pak Wapres melihat di Islamic Solidarity Games dari Palembang dulu ada 36 emas, dan kemarin kita hanya dapat 6 emas sehingga beliau agak terkejut sendiri untuk soal prestasi," kata Basuki. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement