Senin 22 May 2017 13:45 WIB

Pembalap Indonesia Juara di Trek Balap Milik Valentino Rossi

Pembalap Indonesia Anggi Setiawan meraih juara di sirkuit balap Valentino Rossi.
Foto: yamaha
Pembalap Indonesia Anggi Setiawan meraih juara di sirkuit balap Valentino Rossi.

REPUBLIKA.CO.ID, TAVULLIA--Pembalap Indonesia Anggi Setiawan  merebut podium juara flat-track di VR46 Motor Ranch. Prestasi ini ditorehkan oleh Anggi dalam kegiatan Yamaha VR46 Riders Academy The Master Camp 3 di di Tavullia, Italia, Kamis (18/5) waktu setempat.

Kegiatan yang dilakukan di trek milik pembalap Moto Grand Prix (GP) Yamaha Movistar, Valentino Rossi ini, Anggi meraih nilai tertinggi melalui empat tahap. Pertama,  latihan bebas dahulu selama 30 menit. Kedua, dilakukan balapan sebagai race pertama.  Pada race awal yang wajib melahap empat lap ini, Anggi finis di posisi runner-up. Dalam sesi ini, sistem poin per- race yang digunakan yaitu enam, empat, tiga, dua, satu, nol. Dengan demikian Anggi yang ada di urutan kedua pada race pertama, mendapat poin 4.

Kemudian yang ketiga adalah race kedua secara flat-track dengan perubahan posisi start. Ketiga pembalap yang bisa menduduki posisi terdepan memulai dari grid belakang.  Pada race kedua ini,  Anggi dapat menjadi yang terbaik hingga mampu total mengumpulkan 10 poin.

 

Tahap terakhir, disebut dengan sistem Americana.  Race ini terdiri dari tujuh lap yang dibagi menjadi tiga bagian dengan sistem eliminasi. Bagian pertama tersaji sebanyak dua lap dan bagi yang finis kelima dan keenam akan langsung tereliminasi. Bagian kedua,  juga dengan menu dua lap. Untuk bagian ini, posisi ketiga dan keempat yang langsung tereliminasi. Pada bagian ketiga,  Anggi mampu menjadi yang terbaik dengan total nilai 16.

Selesai balapan,  Anggi dan para pembalap lainnya beristirahat dan makan siang bersama. Kemudian berlanjut dengan kunjungan ke kantor VR46 Fan Club dan workshop tim SKY Racing Team VR46 yang juga dimiliki Valentino Rossi dan balap di Moto2 dan Moto3.  Berlanjut di sesi akhir,  keenam peserta Yamaha VR46 Riders Academy Master Camp 3 menerima sertifikat.  

Demikian program kerjasama Yamaha Motor Company (YMC)  dan VR46 Riders Academy ini telah sukses dilaksanakan sebanyak tiga kali.  "Saya mengucapkan terimakasih kepada Yamaha Indonesia,  YMC, YMR dan VR46 Riders Academy selama mengikuti pelatihan balap disini.  Saya mendapatkan banyak ilmu dan menjadi modal berharga dalam perjalanan karir balap saya," ujar Anggi yang saat ini mengaspal di Asia Road Race 2017 kelas Underbone 150.

Dalam acara spesial penyerahan sertifikat ini hadir perwakilan dari Yamaha Motor Racing,  manajemen tim Movistar Yamaha dan VR46 Riders Academy. "Menurut saya,  The Master Camp 3 menjadi bukti dari talenta Anggi Setiawan yang cepat dalam beradaptasi dan terbukti pula dapat merebut podium terbaik di Motor Ranch dan race MiniGP di Misanino merenggut posisi ke-2.  Tentu saja,  ilmu yang telah diperolehnya akan menjadi modal untuk terus meningkatkan prestasi," kata General Manager After Sales & Public Relations PT.  Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) M Abidin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement