Sabtu , 22 April 2017, 22:26 WIB

Menpora: Kesiapan Infrastruktur Asian Games 2018 Capai 61 Persen

Red: Andri Saubani
Republika/Raisan Al Farisi
Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi
Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi

REPUBLIKA.CO.ID, SUMENEP – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi menyatakan, penyiapan infrastruktur untuk penyelenggaraan Asian Games 2018 mencapai 61,7 persen. “Kami bersama para pihak terkait sangat serius menyiapkan segala sesuatunya untuk Asian Games 2018. Untuk sementara penyiapan infrastrukturnya dalam posisi 61,7 persen dan itu sudah bagus," ujarnya di Sumenep, Jawa Timur, Sabtu (22/4) petang.

Pada Sabtu sore hingga petang, Imam berada di Sumenep untuk menghadiri dua acara, yakni membuka Musyawarah Pimpinan Daerah PKC PMII Jawa Timur dan melantik pengurus Ikatan Alumni Uinsa Korwil Madura. “Kami menargetkan infrastruktur untuk penyelenggaraan Asian Games 2018 bisa selesai pada Oktober 2017. Lihat saja nanti," katanya menerangkan.

Infrastruktur yang digunakan untuk penyelenggaraan Asian Games 2018 nantinya akan menjadi warisan yang bisa dimanfaatkan oleh generasi mendatang.  Ia menjelaskan, Asian Games 2018 merupakan sebuah kepercayaan sekaligus tantangan bagi Indonesia.

Sebelumnya, Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaraan Asian Games pada 1962. "Dalam konteks itu, Asian Games 2018 sebenarnya merupakan hajat seluruh elemen masyarakat di Indonesia. Tidak mudah ditunjuk dan menjadi tuan rumah pelaksanaan Asian Games," ujarnya.

Imam pun berharap doa dan dukungan seluruh warga Indonesia agar kepercayaan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Asian Games bisa terealisasi sebagaimana mestinya. "Selain infrastruktur, kami bersama para pihak terkait juga menyiapkan para atlet agar mampu berprestasi dengan meraih medali sebanyak mungkin di Asian Games 2018," katanya.  Asian Games 2018 akan digelar di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus-2 September 2018.

Sumber : Antara