Jumat 03 Mar 2017 01:00 WIB

Kemenpupera Optimistis Renovasi untuk Asian Games Selesai Oktober

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Friska Yolanda
Suasana Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) di Jakarta, Senin (23/1).
Foto: Republika/Prayogi
Suasana Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) di Jakarta, Senin (23/1).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Pupera) Basuki Hadimuljono optimistis pembangunan dan renovasi venue olahraga dan pembangunan Wisma Atlet Kemayoran selesai tepat waktu, yakni pada Oktober 2017. Bahkan, renovasi aneka lapangan (hoki, panahan dan sepakbola ABC) dan stadion tenis dapat selesai lebih cepat, yakni pada bulan Juni. 

"Saat ini progres fisik konstruksi pekerjaan aneka lapangan sebesar 62,27 persen dan stadion tenis mencapai 41,16 persen," katanya, Kamis (2/3). 

Selain renovasi venue olahraga di Kompleks Gelora Bung Karno (GBK) dan pembangunan Wisma Atlet Kemayoran Jakarta dan Jakabaring, Palembang, pihaknya juga mendapat tugas tambahan untuk menyediakan area parkir di GBK serta pembangunan tribun untuk olahraga air, yakni jetski dan perahu layar di Ancol. Renovasi dan pembangunan tersebut dilakukan dalam rangka menyambut penyelenggaraan Asian Games XVIII 2018. Dalam kesempatan tersebut, Basuki mengaku tidak menemui kendala berarti dalam pelaksanaan pembangunan. Hal itu lah yang membuat Basuki yakin penyelesaian proyek akan tepat waktu.

Progres pembangunan dan renovasi fisik berbagai venue olahraga di GBK hingga 1 maret 2017 telah mencapai 27,2 persen. Pembangunan dan renovasi terdiri dari renovasi stadion utama GBK, pembangunan fasilitas latihan, renovasi stadion renang, lapangan hoki, lapangan panahan, lapangan sepak bola ABC, Istora, stadion tenis indoor dan outdoor, stadion madya, lapangan baseball, lapangan softball dan gedung basket.

Untuk pembangunan Wisma Atlet Kemayoran, progres fisiknya telah mencapai 60 persen. Lokasi tempat tinggal para atlet ini akan memiliki 10 menara rumah susun (rusun). Tiga menara dibangun di Blok C2 dengan kapasitas 1.932 unit hunian dan tujuh menara di Blok D10 dengan 5.496 unit hunian.

Sedangkan, progres fisik pembangunan Wisma Atlet Jakabaring di Palembang telah mencapai 95,3 persen untuk 2 tower yang masing-masing memiliki 5 lantai. 

"Sementara pembangunan Jakabaring Sport City (JSC) Palembang yang meliputi pembangunan venue olahraga dayung dan arena menembak, progres fisiknya telah mencapai 7,09 persen," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement