Rabu 22 Feb 2017 13:55 WIB

Erick Berharap Asian Games 2018 Jadi Momentum Kebangkitan Olahraga

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Israr Itah
Erick Thohir
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Erick Thohir

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Erick Thohir mengingatkan pentingnya memanfaatkan momentum Asian Games 2018 untuk meningkatkan prestasi olahraga Indonesia. Ini disampaikannya saat menjadi salah satu pembicara dalam Seminar Olahraga bertemakan "Pembangunan Olahraga Nasional" digedung Lemhanas RI, Jakarta, Rabu (22/2).

Menjadi tuan rumah penyelenggaraan Asian Games 2018 menurutnya merupakan salah satu agenda yang penting. "Asian Games bukan menjadi titik akhir, namun titik awal menuju kebangkitan olahraga nasional," kata Erick yang mengusung makalah bertema "Meningkatkan dan Memelihara Kepentingan Indonesia dalam Kejuaraan Olahraga Tingkat Internasional dan Pekan Olahraga Nasional".

Asian Games 2018, kata dia, menjadi awal yang baik bagi Indonesia menuju Olimpiade 2020. Di sini, Erick menekankan fungsi KOI untuk menyelenggarakan, menyiapkan, dan melaksanakan keikutsertaan Indonesia dalam pekan olahraga internasional. 

"Keikutsertaan itu meliputi Olimpiade, Asian Games, SEA Games, dan lainnya," ujar Erick.

Dia juga menegaskan, pihaknya akan turut aktif dalam meningkatkan konsolidasi pembangunan olahraga. Selama ini, kata dia, sejumlah organisasi olahraga di Indonesia belum bersinergi secara maksimal. Ia berharap BAPOPSI, BAPOMI, FORMI, KONI, dan KOI punya langkah serempak ke depan demi kemajuan olahraga Indonesia.

Ia memastikan kepengurusan KOI yang telah terbentuk pada 31 Oktober 2016 lalu akan bekerja sama dengan aktif. Itu dilakukan demi menjaga serta mengangkat harkat dan martabat Indonesia di kancah dunia Internasional. 

Kesempatan Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 2018, lanjut Erick, harus dimanfaatkan semaksimal mungkin. "Ini untuk memperlihatkan kepada dunia bahwa Indonesia bisa menyelenggarakan secara baik," ujar Erick. 

Erick menginginkan Asian Games 2018 akan sukses penyelenggaraan, prestasi, administrasi, dan pemberdayaan ekonomi kerakyatan. Asian Games 2018 akan dihelat pada 18 Agustus hingga 2 September di Jakarta dan Palembang. Sepuluh cabang olahraga unggulan Indonesia nantinya akan melaksanakan test event pada Oktober hingga November 2017. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement