Kamis 25 Aug 2016 21:33 WIB

Melalui PON, Jumlah Wisatawan ke Indramayu Ditargetkan Meningkat

Rep: Lilis Handayani/ Red: M Akbar
Pengunjung hari bebas kendaraan bermotor memerlihatkan sebuah pin Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX 2016, Bandung, Jawa Barat, Minggu (9/11).
Foto: Antara/Agus Bebeng
Pengunjung hari bebas kendaraan bermotor memerlihatkan sebuah pin Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX 2016, Bandung, Jawa Barat, Minggu (9/11).

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- Pelaksanaan Pekan Olah Raga (PON) XIX/2016 Jabar diharapkan membuat tingkat kunjungan wisatawan ke Kabupaten Indramayu, akan meningkat. Pasalnya, Kabupaten Indramayu ikut menjadi tuan rumah pelaksanaan tiga cabang olah raga dalam PON, yakni layar, selam dan renang bebas.

 

Kabid Kebudayaan dan Pariwisata Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Indramayu, Ella Nurlela Sari menyebutkan, target jumlah wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Indramayu pada 2016 mencapai 500 ribu orang. Dari jumlah itu, hingga saat ini sudah tercapai sekitar 98 persen dari target tersebut.

 

‘’Jumlah itu terdiri dari wisatawan lokal maupun mancanegara,’’ kata Ella, Kamis (25/8).

 

Ella berharap, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Indramayu akan meningkat setelah pelaksanaan PON. Meski tak menyebut angka pati, namun peningkatan itu diharapkan lebih tinggi dari target tahun ini.

 

Apalagi, dua venue yang digunakan tiga cabang olah raga dalam PON di Kabupaten Indramayu, yakni Pantai Tirtamaya dan Pantai Balongan Indah, saat ini telah ditata secara apik sehingga dapat menarik minat wisatawan.

 

Selain Pantai Tirtamaya dan Pantai Balongan Indah yang menjadi venue PON, Kabupaten Indramayu juga memiliki berbagai objek wisata lainnya. Di antaranya Pulau Biawak, Pantai Glayem, Mangrove Center Karangsong, Situ Bolang, Pantai Karangsong, Pantai Ujung Gebang, Pantai Junti, Pantai Tambak dan Water Park Bojongsari.

 

Terpisah, Bupati Indramayu, Anna Sophanah mengungkapkan, Kabupaten Indramayu saat ini sedang giat membangun bidang pariwisata. Dia menyatakan, Kabupaten Indramayu memiliki potensi wisata yang besar.

 

‘’Selama ini, potensi wisata itu belum dimanfaatkan dan dikelola secara maksimal,’’ tutur Anna.

 

Anna menambahkan, untuk mengembangkan industry pariwisata, Pemkab Indramayu juga memiliki sejumlah strategi. Di antaranya, meningkatkan pelestarian budaya lokal dan meningkatkan intensitas rekreasi warga dengan sadar wisata.

 

‘’Saya juga minta kepada masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan agar wisatawan merasa nyaman dan akan kembali datang,’’ tandas Anna.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement