Senin 25 Jul 2016 07:35 WIB

Renang Jadi Andalan Indonesia di ASG 2016

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Israr Itah
ASEAN School Games 2016
Foto: wikimedia
ASEAN School Games 2016

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para atlet pelajar Indonesia masih tertinggal jauh dari Thailand di ajang Asian School Games (ASG) 2016. Perolehan medali di hari kedua ASG Chiang Mai, Thailand, Indonesia masih berada di peringkat kedua dengan mengoleksi enam medali emas. Sementara tuan rumah, masih berjaya di pucuk teratas dengan perolehan 15 medali emas.

Seperti dilansir laman resmi Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), sampai tutup pertandingan hari kedua pada Ahad (24/7) malam waktu setempat, dominasi perolehan medali milik Kontingen Pelajar Indonesia masih milik para atlet renang yang memberikan enam medali emas. 

Perenang Ilham Achmad Tarmudzi, mencatatakan dua raihan emas untuk dua nomor berbeda, yaitu untuk 50 dan 100 meter gaya punggung. Emas berikutnya milik perenangan Andy Natanegara yang berhasil finis pertama di nomor 100 meter gaya kupu-kupu. Emas lainnya, milik perenang Muhammad Alamsyah yang berhasil mengandaskan Thailand di 100 meter gaya bebas.

Namun kegagalan Indonesia di hari kedua dialami atlet-atlet dari cabang tenis. Tim tenis Indonesia dipaksa kandas dari Thailand dengan cuma menyumbangkan medali perak untuk beregu putra dan putri. Sampai di hari kedua ASG 2016, Indonesia mencatatakan perolehan 31 medali dengan enam medali emas, sembilan perak dan tujuh perunggu.

Komandan Kontingen Indonesia di ASG tahun ini, Akhyar Matra mengatakan, enam medali emas artinya belum tercapai target. Kata dia, di ASG kali ini, Indonesia punya target mempertahankan juara umum. 

"Kita harus mengakui Thailand ini tuan rumah dan lebih unggul. Kita berharap masih ada nomor-nomor lain yang bisa menambah perolehan emas," kata dia, Ahad (24/7).

Indonesia memang menargetkan untuk mempertahankan gelar juara umum dalam ASG 2016. Pada ajang serupa tahun lalu, Indonesia berhasil menjadi juara umum ASG 2015 di Brunei Darussalam dengan perolehan 25 medali emas 24 perak dan 10 perunggu. Tahun ini, Indonesia mengirimkan 179 untuk 11 cabor yang bisa diikuti dalam ASG Thailand.

Berikut perolehan medali sementara di ajang ASG Thailand 2016, Ahad (24/7):

No.    Negara                Emas       Perak      Perunggu     Total

1.      Thailand                 15             9                 7             31

2.       Indonesia               6              8                 8               22   

3.       Singapura              4              6                 9               19

4.       Vietnam                 4              4                 5               13 

5.       Malaysia                -               2                1                 3

6.       Kamboja                -               -                 1                 1             

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement