Senin 30 May 2016 04:05 WIB

Indonesia Juara Umum Kompetisi Asian Schools Swimming Champions 2016

Rep: Bambang Noroyono/ Red: M Akbar
orang tua diminta untuk lebih waspada menyusul temuan meningkatnya anak yang tewas tenggelam terutama di kolam renang rumah.
Foto: abc
orang tua diminta untuk lebih waspada menyusul temuan meningkatnya anak yang tewas tenggelam terutama di kolam renang rumah.

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Indonesia memastikan menjadi juara umum di ajang kompetisi renang internasional Asian Schools Swimming Championship 2016. Medali emas dari semua nomor, disumbangkan perenang muda Indonesia di hari terakhir kompetisi tersebut, Ahad (29/5) di Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel).

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dalam keterangan resminya, Ahad (29/5), mengatakan, atlet renang Indonesia mendulang sebanyak 16 medali emas, 10 perak dan 9 perunggu. Jumlah itu jauh di atas kontingen Hongkong dan Thailand yang masing-masing cuma mendapat 10 dan 7 emas.

Adapun para atlet renang Indonesia yang berhasil menyumbangkan emas di ajang kali ini, yaitu perenang putri Sofie Kemala. Dia berhasil menyumbangkan emas dari nomor 50 meter gaya punggung putri dengan catatan 29.88 detik.

Perenang muda andalan Indonesia Ilham Ahmad Tarmuzi juga mampu membuktikan ketangguhannya di nomor 100 meter gaya dada putra. Perenang dengan keterbatasan lantaran tuna rungu itu mencatatkan waktu terbaiknya 1 menit 03.86 detik.

Perenang Putri Sagita juga berhasil menambah koleksi medali emas Indonesia setelah meraih waktu tercepat di nomor 100 meter gaya bebas putri dengan catatan 57.71 detik.  Emas keempat Indonesia di hari terakhir masih menjadi milik nomor 400 meter estafet perseorangan ganti putra. 

Di nomor tersebut, Indonesia menurunkan empat perenang andalan yakni, Dwiki Anugrah, Ilham Ahamad Tarmudzi, Abdu Fitra Indarto dan Muhammad Alamsyah. Mereka berhasil mencatatkan waktu tercepat yakni 3 menit 53.78 detik.

Pelatih Renang Indonesia Albert Sutanto menilai, juara umum di kompetisi renang kali ini membanggakan. Kata dia, ada dua rekor nasional yang bisa dipecahkan.

"Ini hasil yang luar biasa bagi Indonesia," ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement