Sabtu 01 Aug 2015 08:27 WIB

Indonesia Loloskan Dua Pemanah ke Olimpiade 2016

Rep: Muhammad Iqbal/ Red: Didi Purwadi
  Pemanah Indonesia Diananda Choirunisa (kiri) dan Ika Yuliana Rochmawati (kedua kiri) membidik target dalam  penyisihan panahan nomor Recurve Perorangan Putri Sea Games ke-28 di lapangan panahan Kallang, Singapura, Rabu (10/6). (Antara/Nyoman Budhiana)
Pemanah Indonesia Diananda Choirunisa (kiri) dan Ika Yuliana Rochmawati (kedua kiri) membidik target dalam penyisihan panahan nomor Recurve Perorangan Putri Sea Games ke-28 di lapangan panahan Kallang, Singapura, Rabu (10/6). (Antara/Nyoman Budhiana)

REPUBLIKA.CO.ID, KOPENHAGEN -- Tim Panahan Indonesia sukses menorehkan prestasi di ajang Kejuaraan Dunia Panahan 2015 di Kopenhagen, Denmark.  Meski kejuaraan baru akan berakhir, Ahad (2/8), Indonesia telah memastikan diri memperoleh dua tiket ke Olimpiade Rio 2016 di kategori recurve melalui pemanah putri Ika Yuliana Rochmawati dan pemanah putra Riau Ega Agata Salsabilla.

Keberhasilan Ika dipastikan setelah dirinya menembus fase delapan besar, Kamis (30/7). Sementara, Ega sukses menembus partai final kualifikasi olimpiade yang berlangsung, Jumat (31/7). Kepada Republika.co.id, manajer tim panahan Indonesia Adi Purnomo mengatakan, pencapaian Ika maupun Ega sudah selaras dengan target yang dibebankan oleh Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima).  

"Alhamdulillah," ujar Adi mengucap rasa syukur.  

Meskipun sukses di nomor perseorangan, tim putri dan putra gagal mencapai prestasi terbaik di nomor beregu sebagaimana proyeksi sebelum keberangkatan. Tim putri yang digawangi tiga srikandi Diananda Choirunisa, Titik Kusumawardani, dan Ika Yuliana Rochmawati maupun tim putra yang diperkuat trio Hendra Purnama, Riau Ega Agata Salsabila, dan Muhammad Hanif Wijaya, urung menembus 16 besar.  Sekadar catatan, 16 besar merupakan batas minimal untuk menentukan satu tiket ke Olimpiade Rio 2016.

Meskipun demikian, Adi menyebut kans tim beregu putri dan putra untuk berangkat ke Brasil tahun depan masih terbuka.  Terdapat kejuaraan tingkat Asia di Bangkok, Thailand, November mendatang, yang menjadi ajang perebutan tiket terakhir.  "Mohon doanya.  Persiapannya cukup panjang," kata Adi.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement