Kamis 18 Jun 2015 04:00 WIB

Prestasi Olahraga Indonesia Turun, Ini Jawaban Menpora

Menpora Imam Nahrawi.
Foto: @imam_nahrawi
Menpora Imam Nahrawi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menpora Imam Nahrawi mengatakan harus ada sinergi yang kuat antara pemerintah dan para pemangku kepentingan olahraga untuk membenahi prestasi Indonesia yang hanya menempati peringkat lima di SEA Games 2015 Singapura.

"Harus ada sinergi yang kuat, jujur, dan terbuka antara pemerintah dengan stakeholder olahraga antara lain KOI, KONI, PRIMA serta masing-masing Pengurus Besar (PB) atau Pengurus Pusat (PP) masing-masing cabang olahraga untuk melakukan evaluasi setelah SEA Games 2015," kata Menpora di Jakarta, Rabu (17/6).

Hal tersebut ia katakan saat menunggu kedatangan para atlet SEA Games 2015 dari Singapura di Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng. Selain itu, kata Menpora langkah sinergi itu juga bertujuan sebagai persiapan menghadapi Olimpiade 2016 Rio de Janeiro Brasil, SEA Games 2017 Malaysia, dan Asian Games 2018 Indonesia.

Menteri asal Madura itu juga menyampaikan bahwa dalam waktu dekat akan memanggil semua stakeholder olahraga tersebut. "Secepatnya nanti saya akan minta langsung laporan dari Ketua Kontingen Taufik Hidayat mengenai hasil keseluruhan di SEA Games Singapura. Dari situ nanti kami akan bisa melakukan evaluasi secara menyuluruh," kata mantan Sekjen PKB tersebut.

Pesta olahraga akbar dua tahunan itu resmi ditutup di National Stadium Singapura pada Rabu malam (16/6)

Seperti diketahui, Indonesia menempati peringkat kelima dalam perolehan medali SEA Games 2015 dengan total 182 medali yang terdiri atas 47 medali emas, 61 perak, dan 74 perunggu.

Negeri Gajah Putih, Thailand tampil sebagai juara umum dengan raihan total 247 medali yang terdiri atas 95 medali emas, 83 perak, dan 69 perunggu.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement