Ahad 14 Jun 2015 02:59 WIB
Laporan SEA Games dari Singapura

Penebus Kegagalan Berujung Emas di Singapura

Rep: Muhammad Iqbal/ Red: Citra Listya Rini
Ika Yuliana Rochmawati
Foto: Reuters/Suzanne Plunkett
Ika Yuliana Rochmawati

REPUBLIKA.CO.ID, SINGAPURA -- Indonesia sukses meraih emas perdana dari cabang olahraga panahan SEA Games 2015.  Pada partai final mixed team recurve di Kallang Cricket Field, Sabtu (13/6), duet IkaYuliana Rochmawati dan Riau Ega Agata Salsabila sukses mengalahkan duo Malaysia dengan skor telak 5-1. 

Bagi duo Ika-Riau, keberhasilan di Singapura merupakan penebusan atas kegagalan mereka di SEA Games 2013 Myanmar.  Sebab, ketika itu, keduanya hanya berhasil merebut medali perunggu. 

Berbicara kepada pewarta seusai pertandingan, Ika menyebut laga berjalan ketat.  Hal ini tercermin dari perolehan angka yang diperoleh kedua pasangan.  

Pada set pertama, Ika-Riau memang unggul telak 36-31 atas Khairul-Hui.  Namun, di set berikut, rentang skor menipis menjadi 38-35 pada set kedua.  Jelang set ketiga, pasangan Malaysia menukar urutan memanah.  

Jika pada dua set awal Hui yang memulai, pada set terakhir bertukar dengan Khairul.  Imbasnya positif.  Skor pun berakhir imbang 37-37 di set ketiga.  

Namun demikian secara kumulatif, Indonesia unggul 5-1.  "Selama latihan memang seperti itu," ujar Ika menjelaskan urutan memanah antara dirinya dengan Riau.  "Ladies first," lanjutnya berseloroh.    

Sementara Riau menambahkan laju angin memang memengaruhi sejumlah bidikannya.  Akan tetapi, berkat ditopang latihan keras, kendala itu bisa diatasi.  "Sebab kita harus siap menghadapi kondisi apa pun," ujar Riau.  

"Mixed team kan memang yang terbaik-terbaik dari cowok dan cewek masing-masing negara.  Kita berusaha yang terbaik," timpal Ika.  Pasangan Ika-Riau mempersembahkan emas kepada seluruh masyarakat Indonesia yang telah memberikan doa maupun dukungan.  Tidak terlupa kepada pelatih hingga pembina olahraga panahan di Indonesia.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement