Ahad 01 Mar 2015 21:27 WIB

Ini Dia Konsultan Asian Games 2018

Rep: Maspril Aries/ Red: Citra Listya Rini
Kontingen Indonesia di Asian Games 2014.
Foto: Iberita.com
Kontingen Indonesia di Asian Games 2014.

REPUBLIKA.CO.ID,  PALEMBANG  -- Menjelang pelaksanaan Asian Games XVIII, 2018 di Indonesia, Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan (Pemprov Sumsel) menggandeng Incheon Asian Games Organizing Committee (IAGOC) atau panitia penyelenggara Asian Games 2014, Incheon, Korea Selatan sebagai konsultan pekan olahraga negara-negara Asia yang akan berlangsung di Palembang dan Jakarta.

“Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menunjuk IAGOC sebagai konsultan karena mereka berpengalaman menyelenggarakan Asian Games tahun 2014 dan sukses. Kita ajak kerjasama untuk mengarahkan agar kesuksesan bisa terulang di Sumatera Selatan,” kata Gubernur Sumsel Alex Noerdin saat mendampingi delegasi IAGOC berkeliling meninjau komplek Jakabaring Sport City (JSC), Ahad (1/3).

Delegasi IAGOC datang ke Palembang dipimpin Kwon Kyungsang Vice President yang juga Secretary General bersama anggota lainnya Park Jeongsang Johnson sebagai IAGOC Chief Secretary, Kim Sungmi Kristen dan dan Kim Minseung sebagai IAGOC Rate Card Manager.

 

Vice President IAGOC Kwon Kyungsang menilai Sumatra Selatan sudah memiliki modal untuk menyelenggarakan pertandingan olahraga multi even seperti Asian Games 2018 karena sebelumnya daerah ini telah sukses menyelenggarakan Sea Games 2011 dan Islamic Solidarity Games (ISG) 2013 dan Asean University Games (AUG) 2014.

“Fasiltas olah raga di JSC sudah cukup baik. Pemerintah Sumatera Selatan  sudah merawatnya dan hanya membutuhkan sedikit perbaikan karena memang sudah cukup baik,” kata Kwon Kyungsang kepada wartawan di Kompleks JSC.

Setelah melihat langsung fasilitas di JSC, menurut Kwon Kyungsang delegasi IAGOC akan ke Jakarta menemui Pemerintah Indonesia untuk bertemu menteri dan pihak terkait di Indonesia guna memberi pandangan megenai kesiapan Sumatera Selatan sebagai tempat pembukaan dan penutupan Asian Games XVIII.

IAGOC sebagai konsultan menurut Vice President Kwon Kyungsang akan memberikan penilaian yang objektif terhadap kesiapan Indonesia dalam hal ini Sumatera Selatan dengan datang dan melihat langsung fasilitas yang ada khususnya di komplek JSC.

Selain itu dalam pembicaraan dengan pemerintah pusat di Jakarta, delegasi IAGOC akan memberikan rekomendasi cabang olahraga apa saja yang bisa dilaksanakan di Sumatera Selatan. “Kami hanya memberi rekomendasi dan keputusannya ada di Olympic Council of Asia,” kata Kwon Kyungsang.

Sekjen IAGOC juga mengharapkan Pemerintah Indonesia segera mengumumkan hal penting terkait pelaksanaan Asian Games 2018, yaitu mengumumkan siapa yang layak menjadi tuan rumah utama, apakah Sumatra Selatan atau DKI Jakarta agar persiapan pembangunan fasilitas yang dibutuhkan bisa terfokus. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement