Sabtu 15 Nov 2014 21:20 WIB

Taekwondo-Sepak Takraw Jalani Try Out Persiapan Popnas

Pertandingan taekwondo (ilustrasi).
Foto: Antara/Yusran Uccang
Pertandingan taekwondo (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Dinas Pemuda dan Olahraga Sulawesi Selatan memberangkatkan tim taekwondo dan sepak takraw mengikuti try out sebagai persiapan menghadapi Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) di Bandung, Jawa Barat, 2015.

Kepala Bidang Keolahragaan Dispora Sulsel, Heri Sumiharto di Makassar, Sabtu, mengatakan, untuk cabang sepak takraw akan menjalani try out ke Palu, Sulawesi Tengah. Sedangkan untuk atlet taekwondo akan menuju ke Bali.

"Seluruh atlet baik dari sepak takraw dan taekwondo akan berangkat hari ini. Kami berharap dengan agenda try out ini semakin meningkatkan kualitas atlet. Kita juga bisa melihat sejauh mana perkembangan atlet dalam program ini," katanya.

Untuk sepak takraw akan melibatkan 12 atlet sedangkan taekwondo sebanyak empat atlet. Seluruh atet didampingi seorang pelatih, asisten pelatih, ofisial dan masseur.

Menurut dia, seluruh atlet akan menjalani try out selama tiga hari kedepan. Seluruh atlet akan kembali ke Makassar pada Senin mendatang. Kedua cabang tersebut memang masuk priorits sehingga diperlukan persiapan yang lebih maksimal.

"Try out ini penting untuk melihat sejauh mana perkembangan kualitas setiap atlet. Ini penting demi menjaga peluang kita mewujudkan target masuk 10 besar di Popnas Jawa Barat 2015," jelasnya.

Provinsi Sulawesi Selatan hanya menargetkan masuk 10 besar pada Popnas 2015. Target tersebut sudah masuk dalam rencana jangka panjang Dispora Sulsel. Target ini juga dinilai cukup realistis jika melihat peningkatan kualitas atlet Sulsel belakangan ini.

Pihak Dispora Sulsel mengatakan, jika Sulsel mampu menyumbangkan lebih dari 10 medali emas di Popnas 2015 maka peluang untuk masuk 10 besar akan semakin terbuka.

Untuk merebut minimal 10 medali emas, Sulsel berharap pada sejumlah cabang yang selama ini menunjukkan prestasi membanggakan seperti karate, dayung, atletik, tinju, sepak takraw dan taekwondo yang sudah memastikan tampil di Popnas tanpa mengikuti babak kualifikasi di Popwil 2014.

Selain itu, Sulsel juga masih bisa berharap dari beberapa cabang olahraga yang baru saja dinyatakan lolos melalui babak kualifikasi melalui Pekan Olahraga Pelajar Wilayah (Popwil) di Kupang, Nusa Tenggara Timur, 11-17 Oktober 2014 seperti pencak silat.

"Untuk beberapa cabang yang lain juga sudah menjalani try out sebelumnya. Kami juga tetap rencanakan mengelar hal yang sama pada 2015 atau sebelum Popnas," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement