Sabtu 18 Oct 2014 12:58 WIB

Tour Ijen Masuki 'Etape Neraka'

 Sejumlah pebalap melintasi perkebunan Kalibendo, pada etape pertama International Tour De Banyuwangi Ijen (ITdBI), Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (16/10).  (Antara/Seno)
Sejumlah pebalap melintasi perkebunan Kalibendo, pada etape pertama International Tour De Banyuwangi Ijen (ITdBI), Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (16/10). (Antara/Seno)

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Sebanyak 68 pebalap dari 16 tim asing dan dalam negeri kembali melanjutkan pertarungan pada lomba balap sepeda "International Tour de Banyuwangi Ijen 2014" yang memasuki etape ketiga atau "etape neraka" di Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu.

Etape ketiga menjadi rute terpanjang dari lomba tahunan grade 2.2 kalender UCI dengan menempuh jarak sejauh 201,7 kilometer dari Muncar menuju finis di Pos Paltuding, kawasan objek wisata Kawah Ijen.

Rute Muncar-Kawah Ijen sekaligus menjadi balapan terberat dan penuh tantangan, karena pebalap tidak hanya bertarung pada jalur datar di bawah terik panas matahari, tetapi juga harus menaklukkan tanjakan "hors categorie" dengan kemiringan 45 derajat dan ketinggian sekitar 1.850 meter di atas permukaan laut menuju finis.

Rute itu akan memakan waktu antara 6-7 jam dengan satu jam terakhir dihabiskan melewati jalur menanjak yang dimulai sejak sekitar 30 kilometer menjelang masuk finis.

"Ini etape penentuan bagi pebalap untuk merebut gelar juara Tour de Banyuwangi Ijen. Baik sprinter maupun climber akan menghadapi tantangan di jalur etape ketiga atau etape neraka ini," kata Ketua Panitia Lomba Guntur Priambodo.

Para "climber" (pebalap spesialis tanjakan) asal Iran, seperti Mirsamad Porseyedigolakhour, Ghader Mizbani, Amir Zargari, dan beberapa pebalap Indonesia, Jepang serta Denmark, difavoritkan menjadi yang tercepat di etape itu.

Pada balapan tahun 2013, Rahim Emami asal Iran tampil sebagai juara. Tetapi, pebalap tim Pishgaman Yazd itu harus mengubur impiannya untuk mengulang sukses karena terjatuh pada etape pertama dan keluar dari balapan.

"Sulit menyaingi pebalap-pebalap Iran jika bertarung di jalur tanjakan. Kami realistis saja menghadapi etape ketiga ini," kata manajer tim Pegasus Continental Indonesia, Wawan Setyobudi.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement