Kamis , 16 Oktober 2014, 21:35 WIB

Ini Tiga Cabor Andalan Indonesia di Asian Para Games

Rep: C61 / Red: M Akbar
Antara
Roy Suryo
Roy Suryo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olah Raga, Roy Suryo, menargetkan kontingan Indonesia yang tampil di ajang Asian Para Games bisa merebut medali emas dari tiga cabang olahraga (cabor).

''Dua hari lalu kami sudah melepaskan para atlet bertolak ke Korsel. Saya memprediksi cabor andalan untuk meraih medali, yaitu tenis meja, dan renang atletik,'' kata politisi Partai Demokrat tersebut kepada wartawan di Jakarta, Kamis (16/10).

Pada kejuaraan multievent khusus penyandang difabel Indonesia mengirimkan sebanyak 70 atlet. Kontingen Merah Putih akan mengikuti delapan dari 23 cabor yang dipertandingkan.

Cabor yang akan diikuti Indonesia diantaranya atletik, bulutangkis, tenis meja, angkat besi, tempin bowling, tenis kursi roda, panahan, dan renang.

Turnamen multicabang, khusus penyandang difabel ini juga diselenggarakan di tempat yang sama, seperti Asian Games 2014. Asian Para Games akan berlangsung mulai hari Sabtu, (18/10) hingga Jumat (24/10).

Asian Para Games 2014 merupakan kejuaraan yang digelar untuk kedua kali. Pada empat tahun lalu di Guangzhou, China, tim merah-putih menempati peringkat ke-14 dengan koleksi satu medali emas, lima medali perak, dan lima medali perunggu.

Roy mengharapkan Indonesia mampu membuat prestasi di Incheon. Sebab, multievent ini juga menjadi ajang pembuktian karena empat tahun lagi giliran tim merah-putih sebagai tuan rumah.

Roy Suryo telah mengusulkan supaya Asian Para Games III berlangsung di Solo, Jawa Tengah. Peluang Indonesia sebagai tuan rumah cukup besar karena Asian Games 2018 juga bakal digelar di negara ini.

Berita Terkait