Sabtu 06 Sep 2014 22:33 WIB

PSAWI: Komposisi Atlet Sea Games Berpotensi Berubah

Lomba ski air (ilustrasi)
Foto: Antara/Rosa Panggabean
Lomba ski air (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Pengurus Besar Persatuan Ski Air dan Wakeboard Indonesia (PB PSAWI) menyatakan komposisi atlet pelatnas SEA Games 2015 berpotensi besar mengalami perubahan tergantung pencapaian di Kejuaraan di Danau Tanjung Bunga, Makassar, Sulsel, 5-7 September 2014.

"Hasil di Kejuaraan Asia ini akan menjadi pertimbangan untuk komposisi atlet SEA Games kedepan. Intinya bagi atlet non pelatnas namun berhasil merebut hasil maksimal di ajang ini tentu berpotensi masuk tim pelatnas," jelas Wakil Ketua Umum PB PSAWI Danny Boestami di Makassar, Sabtu.

Tim pelatnas SEA Games 2015, kata dia, saat ini dihuni sebanyak 12 atlet yang berasal dari sejumlah daerah seperti DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Barat, Bangka Belitung, serta Kepulauan Riau.

"Ajang ini menjadi tantangan bagi tim pelatnas SEA Games apakah memang layak memperkuat Indonesia atau tidak. Untuk atlet yang lain tentu juga berpeluang masuk tim pelatnas jika mampu membuktikan diri," katanya.

Pada SEA Games Singapura 2015, timnas ski air dan wakeboard Indonesia bertekad mempertahankan prestasi sebagai juara umum.

PB PSAWI mengaku optimistis bisa kembali menjadi yang terbaik pada ajang olahraga terbesar se-Asia Tenggara tersebut melihat kemampuan dan prestasi sejumlah atlet di kejuaraan internasional.

"Kita targetkan kembali menjadi juara umum pada SEA Games 2015. Untuk merealisasikan itu kita telah menyiapkan sebanyak 12 atlet terbaik. Kita optimistis dengan pengalaman dan kemampuan seluruh atlet," jelasnya.

Pada SEA Games 2011 di Palembang, Sumatera Selatan, tim ski air Indonesia berhasil merebut empat medai emas yang masing-masing dipersembahkan Fath Daud Wangka (slalom putra), Andri Muhammad Febiandi (trick riding putra).

Selain itu ada pula Endhar Pupul Giritya di nomor jumping putri setelah berhasil melakukan lompatan sejauh 30,6 meter.

Sedangkan emas keempat dipersembahkan Zahidi Putu di nomor jumping putra setelah berhasil melompat sejauh 40,8 meter.

"Kita juga memiliki modal berharap dengan menempati juara umum II pada ajang Asian Championship Jakarta 2013. Untuk 12 atlet yang kita persiapkan di SEA Games 2015 juga kita turunkan di ajang Makassar Asian Cup," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement