Rabu 06 Aug 2014 11:13 WIB

Menpora: Sumsel Lebih Tepat Gelar Asian Games 2018

Roy Suryo
Foto: Antara/Wahyu Putro A
Roy Suryo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo mengisyaratkan Sumatra Selatan (Sumsel) lebih tepat menggelar perhelatan olahraga Asian Games 2018. Menurutnya, Sumsel memiliki sarana dan prasarana olahraga yang paling siap untuk gelaran olahraga se-Asia itu.

"Karena terus terang, sarana dan prasarana yang sudah sangat siap adalah di Sumsel. Meski memang biasanya ada yang berpendapat AG itu seharusnya di ibukota," kata Roy yang ditemui di sela-sela kunjungan ke beberapa Pelatnas di kawasan Senayan, Jakarta, Rabu (6/8).

Roy menuturkan ia tidak mempermasalahkan kota mana yang akan menjadi penyelenggara Asian Games 2018, baik itu ibukota negara maupun ibukota provinsi. "Mau di ibukota negara atau ibukota provinsi, yang penting Indonesia," tegasnya.

Namun, Roy menyesalkan jika ada daerah yang bersikukuh menjadi penyelenggara sementara infrastrukturnya belum siap.

"Jangan sampai ada satu daerah yang kukuhkan sendiri, kemudian merasa bisa, padahal infrastruktur belum siap. Sebut saja Jakarta. Kalau misalnya paksakan sendiri kita malah akan kasihan pada pembangunan dan masyarakat Jakarta," ujarnya.

Lebih lanjut, Roy menjelaskan peristiwa 52 tahun lalu, saat Jakarta menjadi tuan rumah Asian Games 1962. Saat itu, menurut dia, banyak perumahan yang tergusur akibat demi terselenggaranya kompetisi olahraga tersebut.

"Pemindahan Stadion Lebak Bulus saja masih terkendala. Itu enggak mungkin selesai dalam waktu cepat, kalau tabrak-tabrak (aturan) akan ada korban, dalam arti korban administrasi," katanya.

Roy juga mengatakan keputusan kota mana yang akan menjadi penyelenggara AG 2018 belumlah final. Pasalnya, keputusan resmi baru akan diberikan di Incheon dan disampaikan langsung oleh Olympic Council of Asia (OCA).

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement