Ahad 20 Jul 2014 17:32 WIB

Alex Noerdin Sampaikan Kesiapan Sumsel di Dewan Olimpiade Asia

Rep: Maspril Aries/ Red: Maman Sudiaman
Alex Noerdin
Foto: Republika/ Yogi Ardhi
Alex Noerdin

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG --- Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Alex Noerdin, Jumat (25 Juli 2014) dijadwalkan hadir pada Council Meeting Olympic Council Of Asia (OCA) atau Dewan Olimpiade Asia yang akan melakukan pertemuan di Kuwait. Pada pertemuan tersebut diagendakan Gubernur Alex Noerdin menyampaikan kesiapan Provinsi Sumatera Selatan untuk menjadi tuan rumah Asian Games XVIII yang akan berlangsung 2019.

Kepala Biro Humas Pemerintah Provinsi Sumsel Irene Camelyn, Ahad (20/7) menjelaskan, “Gubernur Sumsel akan hadir di Kuwait pada Council Meeting Olympic Council Of Asia bersama Ketua Komite Olimpeade Indonesia Rita Subowo.“

Sementara itu Gubernur Sumsel Alex Noerdin dalam beberapa kesempatan telah menegaskan bahwa Provinsi Sumatera Selatan sangat siap untuk menjadi tuan rumah Asian Games 2019. “Kami sudah berpengalaman menyelenggarakan berbagai even olahraga internasional, diantaranya Sea Games XXVI pada 2011 dan Islamic Solidarity Games III pada 2013 dan semuanya berlangsung sukses,” katanya.

Kesiapan Sumsel tersebut menurut Alex Noerdin didukung oleh sebuah komplek olahraga berstandar internasional di Jakabaring Sport City (JSC). Di komplek JSC saat ini sudah ada venues dan fasilitas seperti Gelora Sriwijaya Stadium, Aquatic Stadium, Atheltic Stadium, Jakabaring Shooting Range, Beach Vollyball, Water Ski, Tennis Court, Wall Climbing, Roller Skater Track, Pentaque Arena, Baseball & Softball, Dempo Building, Ranau Building, dan Archery Arena. Juga ditunjang yaitu Athlete Village, Sport Science Center dan  Water Treatment.

“Jika nanti Olympic Council Of Asia menetapkan Indonesia sebagai penyelenggara Asian Games XVIII dan Sumatera Selatan sebagai tuan rumah utama maka kami sampai 2019 akan membangun infrastruktur pendukung termasuk membangun Athlete Village yang baru dengan kapasitas menampung 5.000 – 6.000 orang atlet,” kata Alex Noerdin.

Alex Noerdin optimistis dengan waktu persiapan yang cukup sampai 2019 Sumatera Selatan mampu menggelar pesta olahraga antara bangsa Asia yang akan dikuti atlet dari 45 negara Asia anggota OCA.

Menurut Gubernur Sumsel, dibandingkan pelaksaan Sea Games 2011 waktu yang tersedia cukup mepet sehingga panitia harus ngebut bekerja menyelesaikan pembangunan beberapa venues dan infrastruktur pendukung lainnya, ternyata Sumatera Selatan mampu dan sukses menyelenggarakan pekan olahraga negara-negara Asia Tenggara tersebut.

Pada Asian Games XVIII – 2019 Indonesia berpeluang menjadi tuan rumah setelah tuan rumah yang telah ditetapkan OCA yakni Hanoi, Vietnam mengundurkan diri. Sebelumnya pada pemilihan tuan rumah Asian Games 2019 oleh Olympic Council of Asia di Macao, 8 November 2012, delegasi  Indonesia yang mengusulkan Provinsi Jawa Timur sebagai tempat penyelenggara, namun kalah dari Vietnam atau Hanoi. Hanoi mengalahkan Surabaya dalam perolehan suara dengan memperoleh 29 suara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement