Minggu, 2 Muharram 1436 / 26 Oktober 2014
find us on : 
  Login |  Register

Merpati Putih Segera Gelar Kejuaraan Dunia

Jumat, 11 Oktober 2013, 14:00 WIB
Komentar : 1
merpatiputih.or.id
Anggota perguruan pencak silat Merpati Putih tengah berlatih melakukan duel.
Anggota perguruan pencak silat Merpati Putih tengah berlatih melakukan duel.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--Perguruan pencak silat Merpati Putih menggelar Kejuaraan Dunia 2013 bertajuk "Indonesia Green and Health Life Festival" di Kota Baru Parahyangan, Kabupaten Bandung Barat, 24-27 Oktober.

"Kejuaraan Dunia Merpati Putih ini pertama kali digelar dalam rangka Ulang Tahun Emas (50 tahun) Merpati Putih," kata Ketua Panitia Kejuaraan Dunia Merpati Putih 2013 Ferry Hehdarsin di Bandung, Jumat (11/10).

Kegiatan yang akan digelar di Bale Pare Kota Baru Parahyangan dan lapangan terbuka di kawasan itu, akan dihadiri oleh 3.000 anggota Merpati Putih. Mereka akan bertanding di nomor pertandingan, gerak, dan getaran.

Selain anggota berasal dari sejumlah daerah di Indonesia, juga dihadiri oleh peserta dari perwakilan luar negeri, yakni Belanda, Vietnam, Jepang, Inggris, Australia, dan Amerika Serikat. "Sejumlah peserta dari luar negeri akan tampil, namun di nomor gerak. Mereka akan berkolaborasi," kata Ferry.

Kegiatan itu, juga ditandai dengan pembangunan Gelanggang Bambu di salah satu sudut di Kota Baru Parahyangan. Gelanggang tersebut akan digunakan untuk pertandingan pencak silat.

Kegiatan yang menghadirkan guru besar dan pengurus teras Marpati Putih tersebut, juga ditandai dengan loka karya kesehatan, pertunjukan teatrikal, lomba foto, musik, dan kerajinan, pembuatan rekor, dan pameran sejarah Merpati Putih.

Khusus pemecahan rekor MURI dilakukan dalam bentuk mematahkan stang pompa oleh 1.000 anggota PPS Betako Merpati Putih.

Ia mengatakan "Lokawulung Merpati Putih" yang menjadi puncak kegiatan itu merupakan ajang olahraga bertaraf internasional dengan diikuti oleh seluruh cabang Merpati Putih, baik dalam maupun luar negeri, dengan mempertandingkan nomor tanding, tata gerak tunggal, berpasangan, stamina, dan tenaga serta getaran.

"Di usia ke-50 ini merupakan momentum strategis, dimana Merpati Putih akan meningkatkan sosialisasi di mancanegara, kami sudah memiliki beberapa cabang di luar negeri," kata Ferry.

Penanggung Jawab Kejuaraan Dunia dan Ketua Umum Merpati Putih Kota Bandung Hendratno Broto Sugito menyebutkan Bandung menjadi kota pertama yang menyelenggarakan Kejuaraan Dunia Merpati Putih.

"Momentum ini sangat strategis karena semua anggota dan cabang di luar negeri turun di ajang ini, sekaligus meningkatkan sosialisasi budaya asli negeri ini di mata dunia," katanya.

Redaktur : Ajeng Ritzki Pitakasari
Sumber : Antara
Apabila Allah memberikan kenikmatan kepada seseorang hendaknya dia pergunakan pertama kali untuk dirinya dan keluarganya.((HR. Muslim))
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Doyan Minum Soda Tampak Lebih Tua?
SAN FRANSISCO -- Sebuah studi menemukan minuman bersoda dapat membuat sel-sel tertentu dalam tubuh menua lebih cepat. Peneliti University of California, San Fransisco menyimpulkan...