Senin 22 Jul 2013 07:27 WIB

MUI Minta Kehalalan Makanan ISG Dijaga

Produk berlabel halal MUI  (ilustrasi)
Foto: Agung Supriyanto/Republika
Produk berlabel halal MUI (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumatra Selatan minta kepada panitia untuk selalu mengawasi menu yang akan disajikan kepada peserta Islamic Solidarity Games (ISG) agar memiliki kehalalan. Karena, ketentuan itu wajib dalam agama.

"Apalagi peserta yang mengikuti pesta olah raga internasional itu dari negara Islam. Sehingga menunya harus diperhatikan," kata Sekretaris MUI Sumsel Ayik Farid di Palembang, Senin (22/7).

Gubernur Sumsel Alex Noerdin dalam berbagai kesempatan menyampaikan agar menu yang disajikan harus diperhatikan kehalalannya. Panitia diharapkan mulai sekarang sudah memperhatikan makanan yang akan disajikan. Terutama sumber dan bahan serta cara pengelolaannya supaya memenuhi syarat kehalalan sebagaimana dianjurkan dalam agama.

Dikatakan, mengonsumsi makanan halal bukan saja baik bagi kesehatan. Tetapi juga dapat mencerdaskan pikiran. Begitu pun cideramata yang akan dijual kepada peserta pesta olah raga negara Islam tersebut. Harus juga memenuhi syarat kehalalan.

Ia menyebut sudah cukup banyak makanan dan minuman yang memiliki sertifikat halal. Hanya saja, tidak dirinci jumlahnya secara pasti.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement