Kamis 11 Jul 2013 21:40 WIB

Palembang Kebut Persiapan ISG

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Didi Purwadi
Alex Noerdin
Foto: ROL/Fafa
Alex Noerdin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Palembang menerima tantangan sebagai tuan rumah pelaksanaan Islamic Solidarity Games (ISG) III yang akan dilaksanakan pada 22 September sampai 1 Oktober 2013. Dengan waktu yang kurang dari tiga bulan tersebut, Palembang telah mulai melakukan persiapan meskipun berat karena berbenturan dengan bulan suci Ramadhan.

“Memang berat, namun kami tetap melakukan persiapan ekstra dengan konsekuensi tidak libur saat lebaran,” ujar Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin, ketika ditemui di Kemenpora, Jakarta, Kamis (11/7).

Alex menjelaskan bahwa venue yang akan digunakan untuk 13 cabang olahraga masih terawat dengan baik. Meskipun Keputusan Presiden (Keppres) belum diturunkan, namun Palembang sudah memiliki anggaran rutin untuk pemeliharaan venue di Komplek Olahraga Jakabaring.

Selain itu, untuk mempersingkat waktu dan biaya, Alex akan memanggil kembali panitia dan LO yang terlibat dalam SEA Games 2011 lalu untuk terlibat langsung dalam ISG ini.

Batas waktu persiapan venue minimal sampai 10 September 2013. Karena, cabang olahraga bola basket sudah mulai bertanding pada 15 September 2013.  

Sementara itu, venue wushu, panahan, dan karate tidak mengalami kesulitan dan kendala. Alex sudah mempersiapkan tempat bagi tiga cabang olahraga tersebut karena tidak semua venue di Jakabaring digunakan untuk pertandingan.

Sedangkan, wisama atlet masih terawat dengan baik karena tidak pernah berhenti disewakan. “Kalau wisma atlet tidak cukup, kami menyiapkan kapal dari TNI AL,” kata Alex.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement