Selasa, 02 Juli 2013, 17:53 WIB

ISG Resmi Dipindah ke Palembang

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Yudha Manggala P Putra
Antara/FB Anggoro
Sejumlah pekerja membersihkan kolam renang di Rumbai Sport Center, Pekanbaru, Jumat (25/1), yang dipersiapkan untuk perhelatan Islamic Solidarity Games (ISG).
Sejumlah pekerja membersihkan kolam renang di Rumbai Sport Center, Pekanbaru, Jumat (25/1), yang dipersiapkan untuk perhelatan Islamic Solidarity Games (ISG).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Pelaksanaan Pesta Olahraga Negara-Negara Islam atau Islamic Solidarity Games (ISG) secara resmi dipindahkan dari Pekanbaru ke Palembang Sumatera Selatan. Pesta olahraga itu akan diselenggarakan mulai 22 September hingga 1 Oktober.

Pemindahan tempat tersebut berdasarkan keputusan hasil rapat dengan Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Kemenkokesra) dan pihak terkait.

Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo mengatakan pemilihan Palembang sebagai tempat penyelenggaraan ISG berdasarkan pertimbangan teknis dan rekomendasi dari Techcical Delegate dari INAISOG. Dari 13 cabang olahraga yang dipertandingkan ada empat cabang olahraga yang tidak bisa diselenggarakan di Jakarta karena venue yang tidak memadai.

“Empat cabang olahraga itu yakni aquatic, senam, atletik, dan sepakbola,” ujar Roy, Selasa (2/7).

Sebelumnya, sempat terjadi tarik ulur penyelenggaraan ISG antara Pekanbaru (Riau) dengan Jakarta.

Ajang kompetisi olahraga yang menggelar 17 cabang olahraga dan diikuti lebih dari 50 negara anggota Organisasi Negara-Negara Islam (OKI) tersebut semula direncanakan digelar pada tanggal 6-17 Juni di Pekanbaru. Kemudian diundur menjadi Oktober, dan diubah lagi menjadi September di Jakarta