Rabu 19 Dec 2012 19:58 WIB

Kontingen Pencak Silat Indonesia Sabet Tujuh Emas di Laos

Pertandingan pencak silat (ilustrasi)
Foto: Antara/Basri Marzuki
Pertandingan pencak silat (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kontingen pencak silat Indonesia mendominasi perolehan medali emas cabang olahraga pencak silat Pekan Olahraga Mahasiswa (POM) Asean 2012 di Vientiane, Laos, dengan meyabet tujuh dari 13 medali emas kategori tarung yang diperebutkan pada Rabu (19/12).

Dari situs resmi Asean University Games, tujuh emas, tiga perak dan dua perunggu Indonesia itu disumbangkan atlet pencak silat di hari kedelapan penyelenggaraan POM ASEAN 2012.

Medali emas dipersembahkan oleh atlet Wida Wijaya yang turun di kelas B 50-55 kg putri, Anissa Pangestina (kelas C 55-60 kg putri), Awaluddin Nur (kelas A 45-50 kg putra), Denny Aprisani (kelas B 50-55 kg putra), Mohamad Adhan (kelas C 55-60 kg putra), Slamet Riyadi (kelas E 65-70 putra) dan Rahmat Fitrah Ramdhani (kelas F 70-75 kg putra).

Sedangkan medali perak diraih Kurnia Anggraini (kelas D 60-65 kg putri), Muhammad Riski Adi Wijaya (kelas G 75-80 kg putra) dan Bagaskara Sulistyo Wibowo (kelas H 80-86 kg putra). Perunggu diperoleh Ryan Sazali (kelas D 60-65 kg putra) dan Zumidar Oktina (kelas E 65-70 kg putri).

Salah satu atlet Indonesia Mohamad Adhan Rusdin mengalahkan Sarawut Khamchuea (Thailand) dengan angka meyakinkan 5-0 di babak final.

Pada babak penyisihan dia mampu menyingkirkan atlet tuan rumah Laos Thummavongsa dengan skor 5-0. Hasil positif tersebut diteruskannya dengan menang TKO atas Hoang Van Thuan dari Vietnam.

Hasil lain dibukukan Wida Wijaya yang menang mudah atas Filza Syahirah Daud (Singapura) dengan skor 5-0 di final. Sebelumnya dia mampu mengalahkan Olathey Sounthavong (Laos) 5-0 di babak penyisihan. Di babak semifinal dia mampu menyudahi perlawanan Zaiton Koang (Malaysia) 5-0.

Perolehan itu dapat mengobati kekecewaan Indonesia setelah pada Selasa (18/12) meraih hasil kurang meyakinkan dari kategori seni pencak silat dengan satu emas dari enam emas yang diperebutkan. Total perolehan kategori non-tarung itu mencatatkan satu emas, tiga perak dan satu perunggu.

Hingga hari kedelapan, Indonesia mampu naik dari rangking lima ke peringkat tiga perolehan medali sementara POM ASEAN menggeser Thailand ke posisi empat dan tuan rumah Laos yang kini menduduki peringkat lima.

Kontingen mahasiswa Indonesia meraih 39 emas, 47 perak dan 54 perunggu masih kalah jauh dari Malaysia yang menjadi pemuncak klasemen dengan 56 emas, 42 perak dan 64 perunggu.

POM yang berlangsung 12-20 Desember 2012 masih menyisakan beberapa cabang olahraga salah satunya cabang olahraga Petanque yang akan dipertandingkan pada Kamis (20/12).

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement