Home > Ojk > Ojk
Jumat , 02 Jun 2017, 06:06 WIB

Kapan sih Waktu yang Tepat untuk Investasi?

Red: Dwi Murdaningsih
Republika/Rakhmawaty La'lang
 Operator menujukkan website Reksadana Syariah Bareksa di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Selasa (11/4).
Operator menujukkan website Reksadana Syariah Bareksa di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Selasa (11/4).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masih banyak orang yang maju-mundur untuk investasi. Investasi sekarang atau nanti saja, ya? Apakah ini saat yang tepat untuk investasi? Atau, malah mendingan bulan depan saja ya?

Terkadang pertanyaan itu muncul pada mereka yang masih ragu-ragu dalam menentukan tujuan investasinya. Ada saja berbagai alasan yang membuat orang maju-mundur untuk melakukan investasi. Mulai dari perekonomian yang melambat sampai karena harga unit reksa dana atau saham yang tak sesuai dengan perkiraan.

Padahal, sikap ragu-ragu untuk memulai investasi ini bisa merugikan. Dengan menunda investasi berarti semakin pendek pula jangka waktu investasi sehingga potensi untuk mendapat imbal hasil yang lebih besar akan semakin minim. Ragu-ragu untuk mulai investasi juga akan membuat kamu sulit untuk segera mencapai tujuan keuangan.

Jadi, kapan waktu yang tepat untuk memulai investasi? Jawabannya adalah: Sekarang! Untuk investasi sebaiknya memang dimulai sedini mungkin, tapi tak ada kata terlambat untuk memulai investasi. Maka, setelah menentukan tujuan keuangan dan produk investasi pilihan, jangan ragu untuk berinvestasi.

Dengan berinvestasi ibaratnya kamu turut mencicil masa depan demi menggapai tujuan keuangan. Oleh karena itu, lakukan investasi secara berkala, sehingga Anda tidak perlu galau untuk menentukan kapan akan menambah investasi kamu.

Mumpung sekarang masih produktif dan memperoleh penghasilan, tidak ada salahnya untuk mulai berinvestasi sekarang demi masa depan. Sisihkan setidaknya 20 persen dari penghasilan untuk investasi. Lakukan terus menerus sampai tujuan keuangan Anda tercapai.



Mau belajar investasi syariah di pasar modal? Follow sosmed pasar modal syariah sbb:
Website: www.akucintakeuangansyariah.com
Fanpage FB: @pasar modal syariah
Twitter: @acekaes
Instagram : @pasar_modal_syariah
Whatsapp Grup : 081807882602
Telegram : @PasarModalSyariah