Home > Ojk > Ojk
Selasa , 30 May 2017, 08:07 WIB

Ngebet Ingin Beli Rumah? Ini Strateginya

Red: Dwi Murdaningsih
pexels
Memiliki rumah sendiri adalah idaman tiap orang.
Memiliki rumah sendiri adalah idaman tiap orang.

REPUBLIKA.CO.ID,
Assalamualaikum OJK, setiap orang pasti ingin memiliki rumah. Begitu pula dengan saya. Bagaimana strateginya ya, sebab sekarang harga rumah semakin mahal. Mengumpulkan uang buat uang muka rumah sepertinya sulit sekali. Giliran sudah terkumpul, harga rumah naik. Bagaimana caranya menyiapkan uang muka dan cicilan agar rumah idaman bisa segera terbeli?

Waalaikum salam..
Rumah memang menjadi idaman semua orang. Ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan untuk memiliki rumah idaman. Pertama, siapkan uang muka rumah dengan menyicil 30 persen penghasilan setiap bulan.

Nah, para perencana keuangan rata-rata memiliki tips yang sama. Disarankan pada saat akan membeli rumah, kamu harus menentukan dulu mau beli rumah di mana. Ketika sudah ada rumah yang jadi incaran, saatnya mencari tahu harga rumah idaman. Setelah itu mulailah menyisihkan dana dan berinvestasi untuk uang muka rumah.

Untuk membeli rumah strateginya adalah begitu sudah menentukan mau beli rumah dimana dan tahu harga rumahnya, bisa mulai investasi 30 persen dari penghasilan di emas atau reksa dana syariah untuk cicilan uang muka rumah.

Mengapa sedari awal sudah harus menyisihkan 30 persen? Dengan mulai menyisihkan 30 persen dari penghasilan untuk uang muka rumah bisa membuat kamu tidak akan terasa berat ketika nantinya memulai cicilan rumah setiap bulan.

Untuk cicilan 30 persen dari penghasilan untuk uang muka itu dimasukkan ke tabungan sendiri, sehingga selanjutnya cicilan tidak akan terasa berat. Cicilan rumah terasa berat kalau untuk uang muka hanya menunggu rejeki nomplok. Nantinya,  ketika mau bayar cicilan itu pasti akan kaget. Oleh karena itu, untuk kamu yang berencana membeli rumah, sangat bisa uang THR yang akan diterima dijadikan tambahan uang muka rumah. Ingat jangan dipakai untuk belanja ini itu ya..

Untuk instrumen investasi yang bisa digunakan untuk mencapai target uang muka rumah, produk reksa dana syariah bisa menjadi pilihan. Untuk jenis reksa dana syariah apa yang sesuai agar uang muka rumah bisa terkumpul harus disesuaikan dengan target waktu kapan ingin membeli rumah.

Untuk jangka pendek, reksa dana syariah pasar uang atau reksa dana syariah pendapatan tetap bisa jadi pilihan. Sementara, untuk yang berencana memiliki uang muka rumah dalam lima tahun mendatang bisa memilih reksa dana syariah campuran. Jangan lupa pula untuk menghitung perkiraan harga rumah di masa mendatang, sehingga kamu bisa menyiapkan uang muka dengan jumlah yang tepat

Mau belajar investasi syariah di pasar modal? Follow sosmed pasar modal syariah sbb:
Website: www.akucintakeuangansyariah.com
Fanpage FB: @pasar modal syariah
Twitter: @acekaes
Instagram : @pasar_modal_syariah
Whatsapp Grup : 081807882602
Telegram : @PasarModalSyariah