Home > Ojk > Ojk
Senin , 29 May 2017, 15:07 WIB

Yuk, Rencanakan Keuangan Kamu Sejak Jadi Anak Kos

Red: Dwi Murdaningsih
Republika/Edwin Dwi Putranto
Investasi reksadana
Investasi reksadana

REPUBLIKA.CO.ID,

Assalamualaikum OJK

Saya seorang anak kost yang ingin berinvestasi. Tapi, apakah bisa mengingat saya belum memiliki penghasilan sendiri dan masih tergantung kepada orang tua.

Waalaikumsalam....

Perencanaan keuangan yang baik bisa dimulai sejak menjadi anak kost. Anak kost yang masih single bisa lebih leluasa mengatur keuangan. Anak kost dan single kadang masih bimbang antara mau investasi atau tidak. Apalagi kalau masih jadi mahasiswa yang biaya hidupnya ditanggung orang tua dan dana yang diberikan masih pas-pasan buat hidup sehari-hari.

Ingin investasi tapi khawatir uang tidak cukup. Akhirnya malah mundur, tidak jadi investasi. Meksi uang pas-pasan, bukan berarti tidak bisa berinvestasi. Anak kost juga bisa menata alokasi keuangan dengan lebih baik. Sisihkan saja sedikit uang yang Anda punya untuk investasi. Saat ini untuk investasi reksa dana bisa dimulai dari Rp 100.000 saja.

Ketika masih single dan ngekos sebenarnya bisa lebih leluasa dalam merencanakan keuangan. Sebab, pengeluaran  rutin rumah tangganya tidak begitu besar. Bisa jadi, pengeluaran paling besar hanya untuk membayar uang kost. Anak kost belum terbebani dengan tagihan listrik dan cicilan-cicilan lainnya. Oleh karena itu, bagi para single yang masih ngekos, disarankan agar mengalokasikan komposisi investasi menabung lebih besar.

Apa Sih Perencanaan Keuangan Syariah Itu?

Masa single merupakan masa ketika Anda memiliki kemampuan untuk menyisihkan uang lebih banyak. Karena kalau sudah menikah dan sudah ada cicilan rumah dan mobil akan jadi tidak seleluasa seperti ketika masih single.

Idealnya, dari uang bulanan seharusnya bisa disisihkan 20-30 persen untuk menabung. Sebab, keperluan pribadi idealnya dialokasikan 30 persen. Sebanyak 40 persen uang bulanan digunakan untuk kebutuhan harian seperti transportasi dan makan.

Vokalis Nidji Giring Ganesha pun turut memberikan saran investasi buat kamu yang masih ngekos. “Untuk yang masih ngekos, coba cari tahu soal saham bluechip, disitu banyak yang bisa dibaca. Cari saham bluechip, belilah saham untuk jangka panjang. Beli saja satu lot dulu,” katanya.

Pria berambut kribo ini pun menyarankan agar kamu tetap fokus di saham bluechip dan membelinya di saat yang tepat pula. Giring menyarankan kerja sambilan juga bisa dilakukan agar bisa mendapat uang untuk nabung saham. “Beli di saat harga saham sedang turun, karena untuk menganalisa saham secara teknikal itu butuh waktu,” ungkapnya.

Sementara, istri Giring, Cynthia Riza menyarankan agar kamu bisa menyisihkan uang jajan sedari awal dan rajin membaca berita. “Sedari awal sisihkan uang untuk investasi, jangan sisakan di belakang, tapi sisakan di depan. Baru sisa uangnya dibelikan buat diri sendiri. Jangan disisakan belakangan untuk investasi karena pasti uangnya sudah habis duluan. Selain itu rajin-rajinlah melihat berita dan grafik,” kata dia.

Mau belajar investasi syariah di pasar modal? Follow sosmed pasar modal syariah sbb:
Website: www.akucintakeuangansyariah.com
Fanpage FB: @pasar modal syariah
Twitter: @acekaes
Instagram : @pasar_modal_syariah
Whatsapp Grup : 081807882602